Share on

Tidak banyak yang diketahui mengenai asal-usul dari yokai yang lebih sering tedengar daripada terlihat ini. Yokai ini dinamakan berdasarkan suara yang dikeluarkannya ‘Uwan’. Tidak ada dokumentasi tentang penampakan yokai ini sehingga dianggap tidak memiliki bentuk selama berabad-abad, sebelum akhirnya digambarkan oleh Suushi Sawaki pada masa Edo.

Advertise With Us

Uwan, Yokai Penghuni Bangunan Tua Yang Suka Mengagetkan Orang
Ilustrasi Uwan dari Hyakkai Zukan oleh Suushi Sawaki

Uwan biasanya muncul di bangunan atau kuil tua, dan mengagetkan orang-orang dengan berteriak ‘UWAN!’. Orang dengan mental lemah yang pingsan karena kaget tidak akan dapat bangun kembali, karena jiwanya akan diambil oleh yokai ini. Namun jika ada orang yang berani meneriakkan kembali apa yang disebutkan oleh yokai ini, maka yokai tersebut akan kabur dan tidak akan pernah mengganggunya lagi.

Uwan, Yokai Penghuni Bangunan Tua Yang Suka Mengagetkan Orang
Uwan dari Bakemono no e (化物之繪, c. 1700), Harry F. Bruning Collection of Japanese Books and Manuscripts, L. Tom Perry Special Collections, Harold B. Lee Library, Brigham Young University // CC BY-SA 4.0.

Legenda yang terkenal tentang Uwan ini berasal dari prefektur Akita pada masa Edo. Ketika itu ada sepasang suami istri muda yang membeli sebuah rumah besar yang sudah tua dan pindah untuk tinggal disana. Pada saat malam pertamanya di rumah tersebut mereka terbangun oleh suara keras yang meneriakkan ‘UWAN!’. Pasangan tersebut terkejut dan kemudian mencari-cari sumber suara tersebut disekitar rumah namun tidak berhasil menemukannya.

Uwan, Yokai Penghuni Bangunan Tua Yang Suka Mengagetkan Orang
Uwan dari Gazu Hyakki Yagyo oleh Sekien Toriyama

Kejadian tersebut akhirnya terus terulang setiap malam sehingga pasangan tersebut tidak bisa tidur. Beberapa waktu kemudian tetangga pasangan tersebut menanyakan mengapa mereka selalu terlihat kelelahan. Sang suami mencoba untuk menjelaskan tentang suara misterius yang menghantui mereka setiap malam, namun para tetangganya mengaku tidak ada yang mendengar suara teriakan tersebut dan tidak mempercayai cerita pasangan ini. Sebaliknya gosip mulai tersebar bahwa pasangan tersebut tidak tidur karena melakukan kegiatan malam lainnya... Merasa malu, pasangan ini kemudian berhenti membahas tentang suara misterius ini.