Share on

Nure Onna (wanita basah) adalah yokai penghisap darah seperti vampir yang memiliki kepala manusia berbentuk wanita dan tubuh yang seperti ular. Mereka sering muncul di tepi laut dan juga sungai untuk mencari manusia sebagai mangsanya.

Nure Onna, Wanita Penghisap Darah Berbadan Ular
Nure Onna dari Hyakkai Zukan oleh Suushi Sawaki

Nure Onna biasanya ditemukan di Kyushu, namun ada beberapa cerita yang menyebutkan bahwa mereka juga muncul jauh di utara seperti Niigata dan di timur di daerah Fukushima. Ada 2 jenis dari yokai ini yang umum ditemukan, yang pertama adalah tanpa lengan yang menyerupai ular laut besar berkepala manusia, dan satu lagi yang memiliki lengan seperti manusia. Disamping perbedaan tadi, keduanya memiliki kebiasaan dan prilaku yang sama.

Yokai ini memiliki tenaga yang jauh lebih kuat dibandingkan manusia, namun dibanding memakai kekuatan mereka lebih senang menggunakan tipu daya untuk menangkap mangsanya. Mereka biasanya muncul di tepi pantai atau sungai dengan menyamar sebagai seorang wanita yang menderita sambil membawa buntelan bayi.

Nure Onna, Wanita Penghisap Darah Berbadan Ular
Nure Onna dari Gazu Hyakki Yagyo oleh Sekien Toriyama

Mereka kemudian akan meminta pertolongan kepada para nelayan atau siapapun yang lewat didekatnya untuk menitipkan buntelan bayinya sebentar agar ia bisa beristirahat. Jika ada yang menolongnya, maka buntelan yang dititipkannya tadi akan seketika menjadi sangat berat seperti batu besar, dan membuat korbannya tidak bisa bergerak. Yokai ini kemudian akan dengan bebas menyerang korbannya yang tidak berdaya dan memangsanya dengan cara menghisap darah dengan lidahnya yang panjang dan bercabang.

Selain Nure Onna sering terlihat muncul dan bekerja sama dengan Ushi Oni karena mereka memiliki habitat dan makanan yang sama. Di Kyushu juga ada yokai serupa berwujud wanita penghisap darah yang disebut Iso Onna, namun bedanya ia tidak memiliki tubuh seperti ular.