Share on

Mikoshi Nyudo adalah yokai yang kerap ditemui oleh pengembara yang berjalan sendirian. Yokai ini muncul biasanya pada malam hari di pegunungan, jalanan kosong, persimpangan, atau di jembatan.

Mikoshi Nyudo biasanya muncul dalam wujud pendeta atau biksu dalam ukuran normal, namun ketika seseorang melihat keatasnya ia akan terus tumbuh menjadi sangat tinggi. Cerita rakyat dari yokai ini banyak ditemui diseluruh Jepang yang juga diketahui dengan nama lainnya seperti Miage Nyudo dan kadang-kadang hanya Mikoshi. Bahkan dalam beberapa kasus disebutkan bahwa yokai ini adalah binatang yang dapat berubah bentuk seperti Tanuki atau Kitsune yang sedang menyamar.

Mikoshi Nyudo, Yokai Biksu Berleher Panjang
(Original illustration by Shinonome Kijin)

Bertemu dengan yokai ini merupakan masalah yang serius karena biasanya orang tersebut akan kehilangan nyawa, namun terdapat cara untuk dapat lolos dari yokai ganas ini, seperti di salah satu wilayah di prefektur Okayama yang mengatakan jika seseorang melihat Mikoshi Nyudo dari kaki menuju kepalanya, maka yokai ini akan memakan orang tersebut. Namun jika seseorang melihat dari kepala kebawah menuju kakinya maka ia dapat lolos dengan selamat.

Dalam kisah lain dikatakan juga bila orang yang bertemu yokai ini mengabaikan dan berjalan melewatinya, maka yokai ini akan menusuk orang tersebut dengan tombak bambu. Hal yang sama juga terjadi terhadap orang yang mencoba lari.

Mikoshi Nyudo, Yokai Biksu Berleher Panjang
Mikoshi from Gazu Hyakki Yagyō by Sekien Toriyama

Sejak jaman Edo, Mikoshi Nyudo telah muncul dalam berbagai macam teks. Seperti dalam Ensiklopedia Three Realms yang menjelaskan bahwa yokai ini tinggi dan tidak memiliki rambut, selain itu ia juga sering bersandar ke bahu seseorang dari belakang dan menatapnya. Dalam katalog pertamanya, Sekien Toriyama juga menggambarkan yokai ini (dengan nama Mikoshi) sebagai sosok tanpa rambut dengan leher panjang yang muncul dari belakang pohon.

Pada akhir-akhir jaman Edo, Mikoshi Nyudo menjadi karakter yokai standar dalam literasi populer terutama dalam buku bergambar dimana ia muncul sebagai pemimpin yokai. Dalam gambar ini lehernya menjadi lebih panjang dan fleksibel, ia juga dikatakan sebagai pasangan yang ideal dengan Rokurokubi, yokai wanita berleher panjang.

  Featured image: Kohei314, Flickr // CC BY-NC 2.0 Source: The Book of Yokai by Michael Dylan Foster