Share on

Mekurabe adalah yokai dengan wujud tumpukan dari tengkorak dan potongan kepala manusia yang menatap manusia. Mereka awalnya hanyalah tengkorak biasa yang berguling dan saling bergabung sehingga membentuk gundukan tengkorak besar.

Advertise With Us

Yokai ini diketahui hanya melakukan 1 hal, yaitu menatap manusia. Jika seseorang memenangkan kontes bertatapan tersebut, maka tengkorak-tengkorak tadi akan hilang tanpa jejak. Namun jika seseorang kalah, hal yang terjadi tidak diketahui.

Mekurabe, Tengkorak Raksasa yang Terbentuk dari Tumpukan Tengkorak dan Kepala Manusia
Mekurabe di taman Taira no Kiyomori, oleh Sekien Toriyama

Mekurabe terkenal digambarkan dalam The Tale of the Heike, nama Mekurabe juga diberikan pada masa Edo, dan mekurabe juga muncul dalam buku Konjaku Hyakki Shui karya Sekien Toriyama.

Legenda yokai ini berasal pada masa Heian dimana Taira no Kiyomori (1118-1181) dari klan Taira (klan Heike) menemukan banyak tengkorak di dalam tamannya. Tengkorak-tengkorak tersebut terus berguling dan menatapnya. Karena terkejut, Kiyomori mencoba memanggil penjaganya namun tidak ada seorangpun yang mendengarnya.

Kiyomori lalu terus memperhatikan tengkorak-tengkorak tersebut yang saling bersatu di tengah taman, dan kemudian saling bertumpuk hingga membentuk tengkorak raksasa dengan ketinggian hampir 45 meter.

Mekurabe, Tengkorak Raksasa yang Terbentuk dari Tumpukan Tengkorak dan Kepala Manusia
Taira no Kiyomori yang melihat tengkorak dari para korbannya, oleh Yoshitoshi Tsukioka

Tumpukan tengkorak itu lalu terus menatap Kiyomori melalui lubang matanya, Kiyomori pun mengambil nafas dan menenangkan dirinya. Ia kemudian menatap balik pada tengkorak tersebut dengan tekad yang kuat. Akhirnya tumpukan tengkorak itu pun rubuh, dan tengkorak-tengkorak nya pun meleleh bagaikan salju terkena matahari dan hilang tanpa bekas.