Share on

Kyoukotsu adalah hantu kerangka yang muncul dari sumur untuk menakut-nakuti orang. Tubuhnya terbungkus kain yang compang-camping. Tengkoraknya berwarna putih pucat dan memiliki rambut yang kusut. Kyoukotsu terbentuk dari tulang yang dibuang secara tidak layak yang dibuang ke sumur.

Advertise With Us

Tulang tersebut bisa berasal dari kasus pembunuhan, korban bunuh diri, atau seseorang yang meninggal setelah jatuh ke sumur tanpa sengaja. Kurangnya penguburan yang layak dan sikap tidak hormat yang ditunjukkan dengan membuang tulang dengan cara ini, menciptakan dendam yang kuat pada hantu tulang ini. Sehingga mengubah arwahnya menjadi shiryou (hantu yang bergentayangan). Seperti hantu lainnya, mereka menyalurkan dendam pada orang-orang yang bersentuhan dengan mereka. Hantu kyoukotsu diam di dasar sumur sampai dia merasa terganggu. Apabila ternganggu mereka akan naik dan mengutuk orang yang cukup malang yang tidak sengaja menggunakan sumur tersebut.

Kyoukotsu, Hantu Penjaga Sumur yang Hobi Menakuti Orang
(image : Yokai.com)

Kyoukotsu dikisahkan oleh Toriyama Sekien dalam bukunya Konjaku hyakki shūi. Dalam uraiannya, ia menulis bahwa nama yōkai (hantu) ini adalah asal kata dari kyoukotsu, yang berarti kemarahan dan kekerasan. Namun, tidak ada bukti yang benar-benar mengungkapkan keberadaan dari hantu ini. Sehingga ada kemungkinan bahwa Toriyama Sekien sebenarnya menciptakan kisah hantu ini berdasarkan kata-kata dalam dialek lokal dan membuat etimologi palsu untuk membuat cerita lebih menarik.

(featured image : Benricho)