Share on

Di balik keindahannya, Kastil Himeji di Prefektur Himeji, Jepang, sejak dahulu kala telah dikenal menyimpan banyak misteri yang diceritakan turun temurun oleh masyarakat setempat. Hantu seorang pelayan bernama Okiku yang disiksa hingga meninggal dunia di dalam menara berwarna putih lalu tubuhnya dipotong-potong dan dibuang ke dalam sumur, masih sering terlihat menampakan dirinya sebagai perempuan berambut panjang yang sedang menangis di menara istana.

Masyarakat setempat juga percaya, jika di tempat yang telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993 itu terdapat sejenis makhluk seperti hewan, yang oleh mereka disebut Okiku mushi. Sosok yokai ini konon menyerupai ulat, namun sebagian tubuh lainnya berbentuk seperti layaknya seorang wanita. Makhluk tersebut disebut sebagai Okiku mushi karena dipercaya lahir sebagai pembalasan dari hantu Okiku, menurut cerita Bancho sarayashiki.

Dalam ceritanya, gadis pelayan bernama Okiku dibunuh oleh sang kekasih, tubuhnya lalu diikat dengan menggunakan tali, disiksa, dan kemudian dibuang ke dalam sebuah sumur di Istana Himeji. Setelah kematiannya, sejumlah kejadian aneh yang diduga ulah dari arwah penuh dendam Okiku mulai bermunculan, salah satunya adalah berkembang biaknya jenis ulat tertentu, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Chinese windmill (Byasa alcinous).

Makhluk ini dianggap terlihat seperti tubuh seorang wanita yang diikat, dan oleh penduduk setempat kemudian dikaitkan dengan kisah Okiku. Masyarakat meyakini bahwa arwah Okiku pasti telah kembali bersama serangga-serangga tersebut, untuk membalaskan dendamnya yang masih tersisa di dunia. Di Jepang, jenis serangga seperti ini umumnya dikenal sebagai jako ageha, namun juga dikenal dengan nama panggilan Okiku mushi.

Hal itu dikarenakan popularitas cerita Okiku, serta bagian dari trik pemasaran dari pemilik toko lokal di sekitar Kastil Himeji, yang selama periode Edo menjual kepompong serangga ini sebagai suvenir untuk turis di kuil dekat Kastil Himeji. Selain hantu Okiku yang paling terkenal di negara ini, Kastil Himeji, Prefektur Hyogo juga terkenal dengan sosok hantu menyeramkan bernama Osakabe Hime, yang kerap muncul di sebuah ruangan rahasia, yang ada di sana.