Share on

6 Agustus 1945 merupakan sejarah kelam bagi Jepang dan bagi dunia. Disaat inilah kota Hiroshima dihantam dengan bom atom yang kemudian menewaskan lebih dari 100.000 penduduk lokal. Hiroshima Peace Memorial Park adalah sebuah komplek yang ada untuk mengenang kejadian yang sempat menjadi catatan merah dalam sejarah dunia.

Advertise With Us

Salah satu tempat yang ada disini adalah Genbaku Dome atau Kubah Bom Atom yang menjadi saksi bisu dari peristiwa pengeboman tersebut. Genbaku Dome ini dulunya adalah Gedung Promosional Industri Prefektur Hiroshima, yang merupakan satu-satunya bangunan yang sempat bertahan dari dijatuhkannya bom atom di lokasi ini. Bangunan ini juga sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Mengenang Sejarah di Hiroshima Peace Memorial Park
Genbaku Dome (Gambar: gaijinpot)

Dengan empat menit perjalanan dari Genbaku Dome ada juga monumen yang bernama Children’s Peace Monument dimana patung Sadako Sasaki, seorang anak yang sempat selamat dari letusan bom atom itu diabadikan. Sadako Sasaki dikenang melalui kisah 1.000 bangau origami yang dia lipat sebelum akhirnya meninggal karena Leukimia akibat dari radiasi bom tersebut. Monumen ini tidak hanya untuk mengenang Sasaki, tetapi juga bagi ribuan anak lainnya yang menjadi korban dari pengeboman Hiroshima ini.

Mengenang Sejarah di Hiroshima Peace Memorial Park
Children's Peace Monument (Gambar: nippon)

Children’s Peace Monument ini juga dikenal sebagai Tower of a Thousand Cranes, dimana kalian dapat menemukan banyak origami berbentuk bangau yang dijadikan sebagai pengingat akan banyaknya korban anak-anak.

Disini, kalian akan menemukan tulisan yang berbunyi "Kore wa bokura no sakebi desu. Kore wa watashitachi no inori desu. Sekai ni heiwa o kizuku tame no" yang memiliki artian "Ini adalah tangisan kami. Ini adalah doa kami. Agar seluruh dunia sadar akan pentingnya perdamaian dunia". Hingga saat ini, banyak pengunjung yang datang sambil membawa origami bangau untuk diletakkan di monumen ini sebagai doa.

Mengenang Sejarah di Hiroshima Peace Memorial Park
(Gambar: gaijinpot)

Di bagian tengah komplek ini, terdapat Memorial Cenotaph yang berisikan nama-nama korban yang direnggut pada saat meledeknya bom atom tersebut. Pada setiap tanggal 6 Agustus, diadakan upacara peringatan didepan monumen ini, sebagai penghormatan kepada mereka-mereka yang telah gugur dan juga permohonan agar dunia ini selalu dalam perdamaian.

Mengenang Sejarah di Hiroshima Peace Memorial Park
Memorial Cenotaph (Gambar: nippon)

Hiroshima Peace Memorial Park Lokasi : 1-1 Otemachi, Nakajima-cho, Naka-ku, Hiroshima

 

Featured image : thetruejapan Sumber : gaijinpot, nippon