Share on

Ingin jalan-jalan ke Jepang sambil belajar sejarah dan kultur tradisional Jepang? Datang saja ke Prefektur Okayama, Jepang. Di prefektur yang terletak di area Chugoku ini, kamu bisa belajar sejarah di Kastil Okayama sekaligus mengenal lebih dekat legenda Jepang, Momotaro. Penasaran dengan Okayama?

Okayama (岡山)  merupakan salah satu prefektur yang terletak di area Chugoku, Jepang. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota kastil di Jepang dan tempat lahirnya legenda Momotaro, seorang anak yang terlahir dari buah peach. Nah, Okayama ternyata memiliki berbagai daya tarik menarik lho. Apa saja?

Mengunjungi Kibitsuhikojinja Shrine, Kuil Momotaro

Berkunjung ke Prefektur Okayama di Jepang, Tempat Kelahiran Momotaro
Kibitsuhikojinja Shrine. (okayama-japan.jp)

Hal pertama yang harus dilakukan di tempat kelahiran Momotaro, tentunya mengunjungi tempat yang berhubungan dengan legendanya. Nah, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Kibitsuhikojinja Shrine, kuil yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Kibutsuhiko no Mikoto, figure yang konon menginspirasi legenda terkenal Jepang Momotaro. Ada yang mengatakan kuil ini dibangun di situs di mana sebelumnya rumah Mikoto berdiri.

Berkunjung ke Prefektur Okayama di Jepang, Tempat Kelahiran Momotaro
Patung Momotaro di depan kuil. (okayama-japan.jp)

Kuil ini banyak dikunjungi oleh para ibu muda karena kabarnya jika berdoa di kuil ini, para pengunjung akan diberkati dengan anak-anak dan kelahiran yang sempurna. Selain itu, patung Momotaro yang ada di lapangan parkirnya merupakan spot foto populer, jadi jangan lupa selfie di depan patung ini ya! Satu lagi, jangan lupa membeli jimat keberuntungan di kuil ini ya, ada jimat berwarna merah-putih buatmu yang ingin beruntung dalam jodoh dan pernikahan atau jimat berbentuk buah peach untuk melindungimu dari ketidakberuntungan. Jimat ini juga cocok dijadikan oleh-oleh, jangan lupa dibeli ya!

Memasuki dunia Momotaro di Momotaro Karakuri Museum

Berkunjung ke Prefektur Okayama di Jepang, Tempat Kelahiran Momotaro
Bagian dalam Momotaro Karakuri Museum. (okayama-japan.jp)

Buat kamu yang belum puas dengan dunia Momotaro, ayo datang ke museum ini! Di museum ini, kamu bisa melihat barang-barang yang berkaitan dengan legenda “Momotaro”. Museum ini juga punya banyak atraksi menyenangkan seperti gua iblis “Onigashima” (Pulau Iblis), karakuri optical illusion gimmicks, dan animasi tentang Momotaro. Para pegunjung juga akan menemukan berbagai merchandise Momotaro di toko souvenirnya yang cocok buat oleh-oleh. Jangan lupa kunjungi museum unik ini ya!

Berjalan-jalan di Korakuen

Berkunjung ke Prefektur Okayama di Jepang, Tempat Kelahiran Momotaro
Korakuen jika dilihat dari atas. (japan-guide.com)

Setelah memasuki dunia Momotaro, mari berkunjung ke Korakuen (後楽園, Kōrakuen), sebuah taman I indah yang menjadi daya tarik Okayama. Taman ini merupakan salah satu dari 3 taman terbaik di Jepang bersama Kenrokuen di Kanazawa dan Kairakuen di Mito. Lokasinya sangat dekat dengan Kastil Okayama, jadi bisa sekalian berkunjung ke sini deh!

Taman ini awalnya dibangun oleh daimyo setempat sebagai tempat hiburan bagi keluarga kerajaan dan sebagai lokasi untuk menerima tamu. Korakuen dibuka untuk umum pada tahun 1884, beberapa tahun setelah zaman feodal berakhir

Korakuen merupakan taman luas yang kental dengan suasana khas taman ala Jepang dengan kolam luas, jalan setapak, dan sebuah bukit yang menenangkan. Pohon sakura dan maple di sini juga sangat indah lho, apalagi ketika musim hanami. Cocok buatmu yang ingin menikmati ketenangan khas Jepang.

Kembali ke zaman sejarah di Kastil Okayama

Berkunjung ke Prefektur Okayama di Jepang, Tempat Kelahiran Momotaro
Kastil Okayama (matcha-jp.com)

Satu lagi tempat wisata favorit di Okayama, Kastil Okayama (岡山城, Okayamajō). Kastil ini juga dikenal dengan nama "crow castle/kastil gagak" karena eksteriornya yang serba hitam. Kastil Okayama telah berdiri sejak tahun 1597 dan sempat hancur pada akhir Perang Dunia II, namun direkonstruksi ulang pada tahun 1966.

Meski cantik, ternayata hanya ada satu bagian bangunan kasyil ini lho yang benar-benar asli, yaitu Tsukimi Yagura ("menara melihat bulan").  Meskipun begitu, rekonstruksi bagian bangunan lainnya tetap mampu membuatmu membayangkan keadaan kastil itu pada zaman kejayaannya.

Di dalamnya, kamu juga bisa melihat  pameran yang menjelaskan sejarah dan perkembangan kastil ini dari masa ke masa. Selain itu, kamu juga bisa belajar membuat keramik Bizen-yaki, sebuah keramik lokal Prefektur Okayama. Nah, biar lebih terasa suasana Jepang zaman dulunya, kamu bisa meminjam kimono dulu sebelum memasuki kastil.

Mencicipi White Peach

Berkunjung ke Prefektur Okayama di Jepang, Tempat Kelahiran Momotaro
White peach (travel.gaijinpot.com)

Nah, berkunjung ke tanah kelahiran Momotaro rasanya tidak lengkap kan tanpa memakan buah peach (momo) khas Okayama? Nah, di sini kamu bisa menikmati buah peach unik berwarna putih. Untuk mencicipi buah peach ini, kamu harus datang ke Okayama pada musim panas, sekitar bulan Juli hingga Agustus. Buah peach asal Okayama terkenal dengan rasanya yang manis dan sangat juicy. Wajib dicoba!

Siap untuk bertemu Momotaro? Jangan lupa kunjungi Okayama di Jepang nanti ya!