Share on

Kalau berbicara tentang makanan di Niigata, kota yang terletak di Chubu ini lebih dikenal dengan produksi beras, sake, dan makanan laut-nya. Tetapi bila kamu ingin mencari sesuatu untuk dilahap sebelum jam makan, kudapan ringan dari Niigata dibawah ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk mengisi perut atau sekadar oleh-oleh.

Kaki no Tane

Kudapan Ringan Khas Niigata yang Harus Kamu Coba
Kaki no Tane (gambar: jpnfood)

Ketika memikirkan apa kudapan ringan khas Niigata, pertama kali orang akan teringat dengan Kaki no Tane. Sejenis senbei, kudapan ini disebut kaki no tane karena bentuknya seperti biji dari kesemak (kaki: kesemak, tane: biji, benih). Terbuat dari beras Niigata yang dipotong, dibumbui kedelai, kemudian dipanggang. Saat ini sudah ada varian rasa yang dijual oleh perusahaan Kameda Seika seperti rasa wasabi dan coklat. Kaki no Tane cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Poppoyaki

Kudapan Ringan Khas Niigata yang Harus Kamu Coba
Poppoyaki (gambar: WAttention)

Kudapan ini mendapat namanya dari suara kukusan dalam baking oven yang terdengar seperti suara kereta uap. Memiliki tekstur kenyal dan berwarna coklat, penganan yang digemari masyarakat Niigata terutama daerah Shibata dan Murakami ini biasa dijual pada saat perayaan ennichi.

Sasa Dango

Kudapan Ringan Khas Niigata yang Harus Kamu Coba
Sasa Dango (gambar: zekkeijapan)

Sasa-dango termasuk dalam jenis yomogi dango, yaitu dango yang dibumbui dengan rumput yomogi. Sudah ada sejak periode Sengoku, kudapan yang dibungkus dengan daun bambu ini berasal dari kue beras yang dikukus dan berisikan bean paste.

Momotaro

Kudapan Ringan Khas Niigata yang Harus Kamu Coba
Momotaro (gambar: gata21)

Es batang ini diproduksi oleh perusahaan lokal seperti Seihyo dan Daiichi. Sekalipun mengandung kata momo di dalamnya, es ini tidak berperisa persik  melainkan  stroberi dan memiliki tekstur yang mirip seperti es serut. Selain itu terdapat es lain yaitu Kintaro dengan rasa kacang merah dan Momoe-chan dengan rasa nanas.

  Featured image: michishirube-ngt Source: matcha