Share on

Pada hari Sabtu (25/8) lalu,  Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko mengunjungi sebuah lapangan tenis di kota resor Jepang pusat Karuizawa, tempat mereka pertama kali bertemu 61 tahun yang lalu.

Advertise With Us

Ini menjadi kunjungan terakhir pasangan kekaisaran ini ke tempat yang tak terlupakan di Prefektur Nagano sebelum pengunduran diri Kaisar, yang dijadwalkan pada akhir April tahun depan. Meski tidak bermain tenis, pasangan itu melakukan percakapan dengan pemain di lapangan. Sambil duduk di bangku, Kaisar berkata, "Tembakan bagus," dan memberi tepuk tangan kepada para pemain.

Setelah berdiam di tempat tersebut selama 30 menit, Kaisar dan Permaisuri meninggalkan lapangan sambil melambaikan tangan mereka kepada orang-orang di sana.

Pada bulan April 1959, Akihito menikahi Shoda Michiko (sekarang permaisuri Michiko). Keduanya bertemu saat bermain tenis di kota wisata Karuizawa. Mereka bermain di sisi yang berlawanan dalam pertandingan ganda. Tim Michiko memenangkan pertandingan dengan straight set. Karena Michiko adalah orang awam pertama yang masuk keluarga kekaisaran, Michiko dilamar beberapa kali oleh Akihito namun dia selalu menolaknya, meski akhirnya dia luluh dan jatuh ke pelukan Akihito yang gigih untuk menikahinya.

Sebagai orang biasa, Michiko membantu keluarga kerajaan terlihat lebih seperti keluarga Jepang lainnya dan mendorong popularitas keluarga kerajaan. Semoga Permaisuri Michiko dan Kaisar Akihito sehat selalu dan terus menjadi figur Jepang yang luar biasa.

(featured image: telegraph.co.uk)