SHARE THIS ARTICLE

Asari no misoshiru, sup miso kerang Asari (1) Miso adalah bumbu Jepang yang terbuat dari kacang kedelai, ragi dan garam yang difermentasi. Miso diproduksi di seluruh Jepang. Ada berbagai macam jenis dan warna miso, tergantung pada jenis dan banyaknya ragi, proporsi garam, suhu fermentasi dan lamanya waktu pembuatan. Miso dapat digolongkan berdasarkan jenis ragi yang digunakan, misalnya ragi beras, ragi barley atau ragi kacang kedelai. Miso juga bisa digolongkan berdasarkan warnanya: merah, putih dan cokelat. Miso yang cokelat sebenarnya berwarna kuning terang dan jenis inilah yang paling banyak tersedia di mana-mana. Miso Shinshū adalah salah satu pasta miso cokelat yang paling terkenal. Namanya diambil dari nama tempat asalnya yaitu daerah Shinshū yang sekarang dikenal sebagai wilayah Provinsi Nagano. Pasta miso ini dibuat dari ragi beras dan terkenal akan warnanya yang kekuningan dan rasanya yang asin. Miso Saikyō adalah jenis miso putih yang berasal dari Kyoto dengan warna krim mengkilat dan rasanya agak manis. Miso putih umumnya matang hanya dalam waktu sekitar 20 hari, berbeda dengan miso jenis lainnya yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk matang, sehingga menghasilkan warna yang lebih gelap.

Selain untuk sup miso, miso bisa juga digunakan dalam banyak masakan yang tak terhitung jumlahnya. Miso bisa dipakai untuk bumbu ikan berkuah, untuk masakan daging dan sayuran berkuah, bisa juga dicampur cuka untuk membumbui makanan laut dan sayuran. Mentimun juga terasa lezat bila dibumbui dengan sedikit miso. Silakan coba dan cicipi!

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Asari no misoshiru, sup miso kerang Asari (2)・200 gram kerang asari hidup dengan cangkangnya
・3 sendok makan pasta miso
・4 gelas (800 ml) air
・2 sendok teh garam (untuk merendam kerang)
・Sedikit daun bawang sebagai pelengkap

Cara Memasak

Asari no misoshiru, sup miso kerang Asari (3)1. Tempatkan kerang pada wadah dan rendam dengan dua gelas air yang telah ditambahkan 2 sendok teh garam (agar menghasilkan tingkat keasinan yang sama dengan air laut). Simpan wadah tadi di tempat yang gelap dan tenang dan biarkan kerang-kerangnya terendam selama sekitar 30 menit untuk mengeluarkan pasir dan batu halus.

2. Pindahkan kerang ke dalam wadah saringan. Gosok-gosok kerang untuk membersihkan kotoran yang ada pada cangkangnya; bilas di bawah aliran air keran.

Asari no misoshiru, sup miso kerang Asari (4)3. Masukkan kerang ke dalam panci yang diisi 4 gelas air dan didihkan di atas api sedang. Kalau sudah mendidih, kecilkan api dan masak dengan api kecil sambil membuang busa atau buih yang muncul di permukaan air. Masak di atas api kecil selama 4-5 menit.

4. Kalau cangkang kerangnya sudah terbuka, masukkan pasta miso dengan sendok sayur. Angkat sedikit kaldu menggunakan sendok sayur untuk melarutkan pasta miso. Biarkan supnya mendidih sebelum disajikan.

5. Sajikan di dalam mangkuk lalu taburi irisan halus daun bawang.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT