Share on

Kalian mungkin pertama kali melihat Amabie, roh Jepang yang dipercaya membantu mencegah penyebaran epidemi, dua bulan lalu ketika coronavirus mulai benar-benar meningkat di Jepang. Dengan rambut panjang yang tergerai, tubuh seperti putri duyung, dan wajah burung, sebagian besar karya seni Amabie digambarkan sebagai roh yang indah, yang mewakili harapan selama masa sulit ini. Tapi bagaimana jika Amabie menunjukan sisi lainnya dengan berubah menjadi yokai anti corona yang mengerikan?!

Kutukan yokai (soranews24.com)
Kutukan yokai (soranews24.com)

Amabie versi horor tercipta saat seniman Junji Ito meniupkan nafas kengeriannya kepada sang yokai. Junji Ito sendiri adalah salah satu seniman manga horor paling terkenal di Jepang yang telah menciptakan banyak cerita dan ilustrasi menakutkan yang pasti membuatmu sulit tertidur saat malam.

Mungkin beliau bukan orang yang kalian harapkan untuk menggambar yokai anti corona pelindung ini. Namun inilah ilustrasi alter Amabie  yang di posting Junji Ito di akun Twitter-nya @junjiitofficial

“Berharap semuanya kembali normal segera.”

(Teks: "Pesona perlindungan")

Uh.

Uhh ...

Uhh ...! Hal pertama yang perlu kembali normal adalah Amabie!

Sangat menarik bagaimana teror gambar yokai anti corona Amabie ini langsung terasa begitu kita melihatnya. Yokai itu sendiri tidak bertaring atau membunuh siapa pun, dan Junji Ito menciptakannya kembali dengan setia pada ciri khas rambut panjang, tubuh putri duyung, dan wajah burungnya.

Amabie versi Junji Ito (twitter.com/junjiitofficial)
Amabie versi Junji Ito (twitter.com/junjiitofficial)

Alih-alih, beliau menambahkan aksen mata zombie, sulur-sulur yang panjang dan tajam, dan pencahayaan yang membuatnya mengirim shock therapy ke jantung pembaca. Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, adegan yang sama dapat menyampaikan nada yang sangat berbeda hanya dengan beberapa perubahan, dan hal yang sama juga berlaku untuk yokai.

Inilah reaksi netizen Jepang terhadap kekejian Amabie:

"Oh tidak! Corona juga sampai ke Amabie! ”

"Benda itu pasti akan menyedot semua cairan tubuhku."

"Sepertinya itu menyebabkan pandemi daripada menghentikannya."

"Aku merasa seperti dia 'menyembuhkan' korona dalam dirimu dengan membunuhmu."

"Ini sebenarnya terlihat paling dekat dengan seperti apa Amabie yang sebenarnya."

Ada pun gambar klasik Junji Ito lainnya, memang mengingatkan kita semua pada gayanya yang mengerikan.

Jika kalian membutuhkan hiburan setelah gambar itu, maka pastikan untuk melihat manga coronavirus yang justru akan memberikan ketenangan bagi pembacanya. Tidak seperti tentakel yang dibuat dari bola gurita untuk benar-benar membuat jantung kita melonjak!