Share on

Pernahkah kamu penasaran dengan studio-studio animasi yang memproduksi anime-anime favoritmu dan membuat karakter favoritmu bergerak?  Nah, lewat artikel ini, JS akan memberi daftar studio animasi terbaik Jepang yang berjasa dalam membawa karakter favoritmu menjadi “hidup”. Studio mana sajakah itu? Simak listnya ya!

Advertise With Us

10. Manglobe

Meski nama Manglobe jarang banget terdengar, anime keluaran studio ini cukup populer lho, misalnya Samurai Champloo, Karneval, dan GANGSTA. Mereka juga terlibat dalam produksi anime lain seperti Eden of the East dan Black Butler: Book of Circus. Sayangnya, pada 29 September 2015, studio ini mengumumkan kalau mereka bangkrut.

9. Studio Pierrot

Berikutnya ada studio yang memiliki badut berwarna hitam putih sebagai logonya, Studio Pierrot. Studio ini telah memproduksi berbagai anime terpopuler yang dikenal di seluruh dunia, seperti Naruto, Bleach, Tokyo Ghoul, Yu Yu Hakusho, dan Fushigi Yugi. Salah satu anime yang diproduksi studio ini, Yu Yu Hakusho  pernah memenangkan Animage Grand Prix Award lho!

8. P.A. Works

P.A. Works Corporation adalah studio animasi yang berdiri di Nanto, Toyama sejak tahun 2000. Awalnya, studio ini hanya membuat animasi untuk beberapa video game seperti seri Professor Layton dan berkolaborasi dengan studio animasi lain saja. Nah, pada tahun 2008, studio ini mulai memproduksi seri anime sendiri. Untuk karya terkenalnya, ada Hanasaku Iroha, Another, dan Charlotte.

7. Studio Ghibli

studio animasi terbaik japanesestation.com
Salah satu scene dalam Spirited Away (linndashi.com)

Siapa sih yang gak tahu Studio Ghibli? Ya, studio ini bisa dibilang sebagai salah satu studio terpopuler di seluruh dunia yang dikenal dengan film-film animasinya. Salah satu film mereka, Spirited Away juga dinobatkan sebagai salah satu film dengan tingkat pernjualan tertinggi di Jepang. Selain Spirited Away, Studio Ghibli juga memproduksi berbagai film terkenal seperti Princess Mononoke, Howl’s Moving Castle, dan My Neighbor Totoro yang sukses baik di Jepang maupun di kancah internasional.

6. Production I.G

studio animasi terbaik Jepang japanesestation.com
Psycho Pass (geekandsundry.com)

Selain dikenal dengan produksi berbagai seri anime, OVA, dan film teatrikal, Production I.G juga dikenal terlibat dalam mendesain video game, misalnya game Playstation 2 Ghost in the Shell: Stand Alone Complex dan Blood: The Last Vampire. Production I.G juga dikenal dalam memproduksi seri anime Ghost in the Shell, Psycho-Pass, Guilty Crown, dan Eden of the East. Pada 2013, Production I.G juga memproduksi adaptasi dari manga populer Attack on Titan.

5. Bones Animation Studios

studio animasi terbaik Jepang japanesestation.com
Fullmetal Alchemist: Brotherhood (cbr.com)

Bones Animation Studio didirikan pada tahun 1998 oleh 3 orang anggota Sunrise. Karena itulah, 3 proyek awal mereka merupakan kolaborasi dengan Sunrise dan salah satunya merupakan film yang diadaptasi dari seri Cowboy Bebop. Bones juga dikenal dengan seri Wolf’s Rain, dua adaptasi  Fullmetal Alchemist, Ouran High School Host Club, Soul Eater, dan Noragami.

4. Kyoto Animation

studio animasi terbaik Jepang japanesestation.com
Violet Evergarden series (crunchyroll.com)

Kyoto Animation adalah salah satu studio animasi paling populer saat ini. Studio yang biasa dijuluki KyoAni juga sangat  dikenal karena art style-nya yang khas dan cerita animenya yang ringan namun menyentuh. Banyak anime terkenal produksi KyoAni, misalnya The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Clannad, K-On, Kyoukai no Kanata, Free!, dan, Violet Evergarden.

3. Sunrise Inc.

Berikutnya, ada anak perusahaan Bandai Namco Holdings, Sunrise Inc. Tidak seperti studi animasi lain yang berfokus pada ganre-genre mainstream seperti adaptasi manga, olahraga, dan cerita anak-anak, Sunrise malah berfokus memproduksi anime robot yang tentunya jauh lebih sulit diproduksi, seperti Cyborg 009,Code Geass, Cowboy Bebop dan seri Gundam. Meskipun begitu, Sunrise juga membuat beberapa anime dengan genre lain, seperti InuYasha dan Gintama!

2. Toei Animation

Studio yang dulunya bernama Nihon Doga Eiga dan Toei Doga ini telah memproduksi berbagai seri anime, film, dan berbagai adaptasi yang populer di seluruh dunia. Toei memproduksi karya beberapa mangaka populer, dan salah satunya adalah One Piece karya Eichiiro Oda, mangaka terkaya Jepang. Toei juga memproduksi berbagai seri anime seperti GeGeGe no Kitaro, Sailor Moon, Slam Dunk, Yu-Gi-Oh, Digimon, and World Trigger.

1. Madhouse

studio animasi terbaik Jepang japanesestation.com
Wolf Children produksi Madhouse (io9.gizmodo.com)

Terakhir, ada studio yang terkenal karena kolaborasinya dengan berbagai mangaka berbakat seperti Naoki Urusawa dan Clamp. Mereka juga pernah berkolaborasi dengan Square Enix dalam Last Order: Final Fantasy VII lho. Satoshi Kon, salah satu anggota Madhouse juga memproduksi beberapa film seperti Perfect Blue dan Paprika. Untuk seri anime, Madhouse dikenal dengan Chobits, Cardcaptor Sakura, Wolf Children, Death Parade, dan One-Punch Man.

Selain 10 studio animasi di atas, tentunya masih banyak studio-studio animasi Jepang yang karyanya gak kalah keren. Nah, adakah studio favoritmu di atas? Atau kamu punya studio favorit sendiri? Berikan komentarmu ya!