Berita Jepang | Japanesestation.com

Siapa yang suka makan?

Makanan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam keseharian. Mengingat hal ini, ada banyak produser anime yang menjadikan makanan atau masakan sebagai tema utama dalam sebuah anime. Perkembangan teknologi saat ini semakin maju. Sehingga, teknik dan kualitas penggambaran makanan dalam anime juga menjadi semakin baik dan sangat detail seperti nyata. Oleh karena itu, tak jarang penonton merasa lapar saat menonton sebuah anime yang menampilkan beragam makanan yang lezat. 

Berikut ini adalah enam anime bertema makanan dengan alur cerita yang menarik untuk ditonton.

Huawei MatePad Pro

Bonjour♪Sweet Love Patisserie

Anime
Bonjour♪Sweet Love Patisserie (animates.com)

Anime shoujo bertema makanan ini, bercerita tentang kehidupan Sayuri. Sayuri memiliki cita-cita untuk menjadi seorang patisserie. Setelah berusaha dengan keras, Sayuri berhasil mendapat beasiswa di sekolah khusus penganan yang elit, yaitu Fleurir Confectionery Academy.

Berbagai jenis makanan manis yang lezat ditampilkan dalam anime ini. Mulai dari kue, cokelat, hingga kue kering berisi chantilly. Dijamin para penonton akan ngiler saat menonton anime Bonjour♪Sweet Love Patisserie.

Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles

Anime
Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles (news.mynavi.jp)

Ms. Koizumi Loves Ramen Noodles dapat dikatakan sebagai anime bertema makanan yang unik. Karena, Koizumi, tokoh utama anime ini, tidak memasak melainkan hanya memakan ramen. Koizumi merupakan penggemar ramen yang selalu mencari tempat terbaik untuk memakan ramen. Untuk menemukan tempat makan ramen terbaik, awalnya Koizumi hanya sendirian tanpa teman. Tetapi, pada akhirnya ia ditemani oleh teman sekelasnya, yaitu Yuu.

Berbeda dengan Koizumi, Yuu lebih memilih mempelajari rahasia di balik pembuatan sebuah ramen. Anime ini menampilkan beragam jenis ramen yang terlihat sangat lezat. Ketika ramen tersebut muncul dalam anime ini, para penonton pasti tidak dapat menahan keinginan untuk memakannnya juga. Bahkan, penonton mungkin ingin segera pergi ke restoran Jepang di sekitar tempat tinggalnya.

Gourmet Girl Graffiti

Anime
Gourmet Girl Graffiti (amazon.com)

Ryou Machiko, tokoh utama anime ini, hidup dengan keyakinan bahwa ia harus menjadi juru masak yang baik agar masa depannya cerah lalu pada akhirnya menikah. Keyakinannya itu diajarkan oleh neneknya. Namun, sekuat tenaga ia mencoba, Ryou tidak bisa memasak makanan yang lezat.

Sebenarnya, makanan buatan Ryou terlihat lezat tetapi dari segi rasa tidak. Setelah sepupu Ryou tinggal bersamanya, secara mengejutkan kemampuan memasak Ryou meningkat. Anime bertema slice of life ini sangat mengharukan karena alur ceritanya fokus pada ikatan, makanan, dan cara memasak dengan cinta agar makanannya terasa jauh lebih lezat.

Food Wars!

Anime
Food Wars! (animate-onlineshop.jp)

Anime ini bercerita tentang perjuangan Soma yang ingin menjadi seorang koki yang hebat. Soma bersekolah di Tootsuki Culinary Academy. Akademi ini hanya akan meluluskan sebagian kecil siswanya, hingga membuat para siswanya bersaing dengan sengit. Soma dan teman-temannya harus pandai memutar otak dan berkreasi agar bisa menghadapi tantangan yang menghadang mereka dengan baik.

Food Wars! dikenal sebagai anime dengan kualitas penggambaran makanan yang tinggi. Makanan yang ditampilkan terlihat sangat nyata. Penonton dengan keadaan perut kenyang pun, akan tetap merasa lapar saat menonton anime Food Wars!

Shining Hearts: The Bread Of Happiness

Anime
Shining Hearts: The Bread Of Happiness (shining-world.jp)

Anime ini terinspirasi dari sebuah franchise video game bernama Shining Hearts of Shining. Genre dalam anime Shining Hearts: The Bread Of Happiness ada beragam. Terkadang membahas tentang kehidupan, di lain waktu berubah genre menjadi action, hingga menampilkan beast-people. Anime ini terkadang menyinggung game Shining Hearts. Meskipun demikian, anime ini masih dapat dinikmati tanpa harus mengetahui atau memainkan game series-nya.

Shining Hearts: The Bread Of Happiness menceritakan seorang gadis misterius bernama Kaguya yang terdampar di pulau Wyndaria. Kemudian, Kaguya bertemu dengan Rick. Rick merupakan seorang pendekar yang pada akhirnya bekerja di toko roti yang ada di pulau tersebut, yaitu Le Couer. Roti dan makanan lain yang ditampilkan dalam anime ini, membuat penonton ingin mengunjungi toko Le Couer untuk membelinya.

Isekai Izakaya: Japanese Food From Another World

Anime
Isekai Izakaya: Japanese Food From Another World (spice.eplus.jp)

Tema cerita anime ini sangatlah sederhana, yaitu tentang restoran bernama Nobu yang ada di dunia fantasi. Pintu restoran tersebut akan terbuka bagi siapa saja yang ingin memasukinya. Restoran Nobu terletak di Jepang tetapi terhubung dengan dunia fantasi. Setiap episodenya, ditampilkan kegembiraan para warga dunia fantasi yang memakan makanan khas Jepang.

Meskipun plotnya sederhana, anime ini menyenangkan untuk ditonton. Siapapun yang pernah mencoba makanan khas Jepang, pasti dapat memahami perasaan para warga dunia fantasi saat mencicipi edamame, karaage dan makanan khas Jepang lainnya untuk pertama kali. Sayangnya, restoran ini tidak nyata. Andai saja restoran ini nyata, para penonton ingin mengunjunginya langsung.

Itulah enam anime bertema makanan dengan cerita yang menarik. Penggambaran makanan dalam keenam anime di atas terlihat nyata hingga membuat penonton kelaparan dan ingin mencoba memakannya. Apakah kalian sudah menonton keenam anime di atas?