SHARE THIS ARTICLE

Anda sedang kesepian di akhir minggu dan butuh teman? Butuh seseorang untuk berpura-pura menjadi pacar Anda untuk diajak kondangan? Atau apakah Anda butuh seseorang untuk menggantikan menghadiri acara pengambilan rapor anak Anda? Barangkali Anda membutuhkan jasa Hagemashi Tai. Perusahaan yang namanya berarti ‘aku ingin menghiburmu’ ini, menurut Top Tenz menyewakan aktor bayaran.

Pendiri perusahaan jasa yang tidak biasa ini adalah Ryuchi Ichinokawa yang berasal dari Chiba. Pria Jepang berusia 40 tahunan yang juga ayah dua orang putra ini menyewakan aktor-aktor yang dipekerjakan di perusahaannya untuk berbagai macam kebutuhan. Klien bisa meminta mereka untuk berperan sebagai apa saja. Nyaris tak ada yang tak bisa diperankan oleh para pegawai Ryuichi.

Photo by TopTenz
Photo by TopTenz

Saya menyewakan mantan pacar, manajer, kolega, dan sekelompok aktor untuk goukon (istilah Jepang untuk kencan berkelompok),” kata Ryuichi seperti dikutip situs Colors Magazine.

Bisnis utama Hagemashi Tai adalah menyewakan aktor yang bisa diminta untuk memainkan peran apa pun sesuai permintaan klien. Misalnya saja teman-teman palsu yang akan berperan sebagai tamu di pesta pernikahan dan berpura-pura menjadi teman pengantin atau pengantin pria. Seorang ibu tunggal kadang menyewa seorang pria untuk menghadiri hari olahraga di sekolah anak-anaknya, menyamar sebagai paman mereka, dan kadang ada juga wanita yang menyewa pengagum palsu untuk membuat kekasihnya cemburu.

Ryuichi sendiri juga ikut bekerja sebagai aktor bayaran. Pada awalnya dia sendirilah yang menangani semua permintaan klien. Dengan piawai Ryuichi bisa membacakan pidato mengharukan sebagai kerabat pengantin di sebuah pesta pernikahan. Dia juga sering berperan sebagai paman anak-anak yang orangtuanya tidak bisa menghadiri hari olah raga di sekolah. Tak jarang pula ia harus berperan sebagai suami bohongan. Dan semua itu dilakukannya dengan sangat serius demi kepuasan pelanggan.

Photo by Colors Magazine
Photo by Colors Magazine

Jika saya berpura-pura menjadi suami seseorang, saya pastikan saya tahu segala sesuatu tentang ‘istri’ saya, dari nomor ponselnya atau apa saja yang sedang dialami ‘anak-anak’ kami akhir-akhir ini,” tambahnya. Dan menurut pengakuan Ryuichi penyamaran yang ia lakukan belum pernah terbongkar.

Tetapi karena permintaan klien semakin beragam, Ryuichi harus menyewa aktor-aktor lain untuk memenuhi keinginan mereka. Sekarang ini ia mempekerjakan sekitar 30 agen dari berbagai usia, jenis kelamin, keterampilan, dan kepribadian.

Tak jarang pula kliennya menelepon hanya untuk sekadar mengobrol dan membicarakan masalah pribadi mereka. Dan Ryuichi juga tak keberatan melayani permintaan seperti ini. “Kadang-kadang telepon saya berdering di tengah malam. Istri saya tidak peduli karena kami tidur di tempat tidur terpisah. Panggilan telepon itu bukan untuk menyewa orang, hanya orang-orang kesepian yang ingin berbicara tentang masalah mereka. Saya akan berbicara kepada mereka untuk waktu yang lama, dan saya melakukannya dengan gratis,” pungkasnya.

COMMENT