SHARE THIS ARTICLE
Smartphone di Jepang
ilustrasi (image Ⓒ Japanese Station)

Jepang selalu memiliki budayanya sendiri dalam menjalankan kehidupan. Semua hal dijalankan berbeda dengan beberapa negara lain, termasuk juga dalam menggunakan smartphone. Ada kultur baru dalam menggunakan telepon pintar tersebut, terutama setelah transisi dari model flip menuju smartphone. Berikut adalah 8 hal yang cukup menarik untuk diketahui dalam budaya smartphone di Jepang bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

1) Tingkah Laku Sopan Saat Menelepon di Tempat Umum

Orang Jepang memiliki tingkah laku yang cukup baik dan sopan saat menelepon di tempat umum. Mereka biasanya enggan untuk mengangkat telepon saat berada di tempat umum atau di kereta. Selain tidak ingin pembicaraan mereka terdengar orang lain, mereka juga tidak ingin menjadi gangguan bagi orang lain.

2) Memainkan Game Smartphone Adalah Hal Lazim Bagi Orang Dewasa

Alih-alih menelepon saat berada di tempat umum, orang-orang lebih suka memainkan game di smartphone mereka. Tidak heran bila melihat industri game berkembang pesat di negara ini. Membuktikan bahwa game memang ditujukan untuk semua orang.

3) Banyak Orang Jepang Menggunakan iPhone

Saat demam smartphone melanda Jepang, banyak orang memilih menggunakan iPhone dan kemudian menjadi populer di Jepang. Meskipun kini sudah banyak merk lain seperti Samsung, Sony dan LG yang digunakan, buatan Steve Jobs ini masih menjadi favorit di Jepang.

4) Minimnya Penggunaan Handsfree

Tidak seperti negara lain di mana banyak orang berjalan sambil berbicara, Jepang termasuk yang anti melakukan hal ini. Meskipun ada, biasanya mereka mendekatkan headphone tersebut di mulut mereka saat berbicara sehingga tidak terlalu mencolok. Menghindari anggapan bila mereka sedang berbicara dengan teman khayalan mereka.

5) Berkomunikasi dengan Mengirim Foto Makanan

Sebelum kewajiban mengambil foto makanan meluas menjadi fenomena global, kawasan Asia khususnya Jepang termasuk yang pertama mempopulerkan tren ini. Untuk orang barat jelas fenomena ini cukup aneh untuk dilihat.

6) Banyak Orang Menggunakan Telepon Saat Berjalan

Memang orang Jepang menghindari berbicara lewat telepon di tempat umum tetapi untuk hal menggunakannya, mereka nomor satu. Sudah menjadi pemandangan lazim di Jepang bila orang-orang berjalan tertunduk sambil memainkan telepon. Sampai-sampai muncul istilah aruki-sumaho atau smartphone berjalan.

7) Memasang Foto Anak Atau Karakter Populer Sebagai Avatar

Di Jepang, privasi masih dijaga kuat jadi jangan heran bila melihat banyak kontak telepon tidak menggunakan wajah asli sebagai avatar-nya. Biasanya mereka memajang gambar karakter populer atau foto anaknya, sama seperti yang dilakukan di media sosial. Tampaknya mereka ingin menetapkan batas kuat antara dunia kerja dengan dunia pribadi.

8) Orang Akan Marah Saat Menggunakan Smartphone Saat Bekerja

Budaya kerja orang Jepang yang sering dianggap workaholic untuk orang asing juga menyentuh dalam penggunaan smartphone. Jangan sekali-kali menggunakan smartphone saat bekerja, bahkan saat tidak ada kegiatan sekalipun jika tidak ingin dihardik atasan. Mereka ingin menjaga tradisi tersebut bertahan sampai kapanpun.

Menarik bukan budaya smartphone di Jepang ini? Adakah hal yang serupa yang pernah kalian alami?

Source : Japan Today
COMMENT