SHARE THIS ARTICLE

Kita semua pasti pernah mengalami yang namanya stres. Biasanya stres muncul karena beban pekerjaan, banyaknya tugas kuliah, putus cinta dan berbagai situasi lainnya. Stres juga bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi bahkan sampai bunuh diri, maka dari itu ada baiknya untuk sesaat kita menyegarkan kembali pikiran kita. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya seperti apa yang dilakukan orang-orang di Jepang yang terkenal dengan gila kerjanya. Orang Jepang biasanya melakukan hal-hal di bawah ini untuk menghilangkan stres, mau coba?

1. Meditasi Zen

Zen dalam bahasa Jepang berarti meditasi. Awalnya meditasi ini dilakukan oleh kaum Buddhist Zen. Cara melakukannya sangat mudah, kalian hanya tinggal menutup mata, tarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan, duduk tegak, dan cobalah untuk tidak memikirkan hal apapun. Kalian pun dapat berlatih meditasi ini di mana saja, di kereta, di kantor, di rumah. Tapi biasanya orang Jepang melakukan meditasi zen di kuil, mereka menyebut kegiatan ini Zazen.

2. Terapi Dupa

Mirip dengan aroma terapi, terapi dupa juga bisa menenangkan dan menghilangkan stres di kehidupan sehari hari. Aroma dupa seperti lavender, sakura dan cendana bisa membuat pikiran tenang. Cukup dengan membakar dupa, lalu cium aromanya bisa membuat pikiran kalian segar kembali.

3. Membuat Matcha Sendiri

Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan menghadiri upacara minum teh Jepang. Namun jika tidak bisa, kalian bisa mencoba dan membuat matcha atau teh hijau di rumah sendiri. Yang kalian butuhkan adalah bubuk matcha, chawan atau mangkuk teh, chasen atau kocokan teh, dan air panas. Membuat semangkuk matcha green tea dengan sungguh-sungguh dan fokus bisa membuat kalian melupakan masalah yang sedang membebani pikiran kalian.

4. Mencoba Spa Ashiyu

Hampir mirip dengan onsen, yang membedakan ashiyu adalah tempat yang hanya digunakan untuk merendam kaki. Tempat ini biasanya tersedia di tempat spa, tapi kalian juga bisa mencobanya di rumah. Dengan menyiapkan bak kecil untuk mengisi air hangat dengan tambahan aroma wewangian dan merendam kaki sudah bisa membuat pikiran rileks kembali.

(Featured image: mournerslane.com)

Source : wasa-bi.com
COMMENT