SHARE THIS ARTICLE

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 1

 

Onsen adalah salah satu unsur yang tidak bisa terpisahkan dari objek wisata Jepang. Resort-resort wisata populer yang berdekatan dengan gunung atau ski pasti menyediakan fasilitas berendam di air hangat ini sebagai salah satu bagian dari paket perjalanan. Karena banyaknya onsen yang ada di Jepang, insidejapantours.com merangkum 15 onsen favorit yang layak untuk dikunjungi. Tidak semua yang ada di daftar ini adalah onsen alami tetapi juga ada beberapa yang termasuk sebagai rumah mandi (sento). Onsen mana yang ingin kalian kunjungi?

1. Nyuto Onsen

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 2
Terletak di Prefektur Akita Region Tohoku, onsen Nyuto adalah salah satu dari area air panas paling terkenal di Jepang. Air di tempat ini berwarna susu dan dapat berwarna biru dengan bantuan cahaya.

2. Tsuboyu (Onsen Yunomine)

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 3
Tsuboyu adalah satu-satunya mata air panas di Jepang yang mendapat predikat sebagai UNESCO World Heritage Site. Namun jangan membayangkannya sebagai sebuah kolam air panas dengan pemandangan spektakuler sebab tempat ini terletak di dalam gua dengan kolam-kolam kecil yang muat satu hingga dua orang di dalamnya. Tetap saja onsen ini menjadi tempat yang harus masuk ke dalam jadwal perjalanan.

3. Onsen Kurama

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 4
Hanya berjarak 30 menit dengan kereta dari jantung kota Kyoto, desa mata air panas ini adalah solusi bagi mereka yang tidak punya waktu untuk lebih dalam menjelajahi kawasan pedesaan Jepang. Disarankan untuk berendam sesudah hiking di pedesaan sekitarnya.

4. Rumah Pemandian I Love Yuu

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 5
Rumah mandi artistik ini menyimpan segala unsur menarik di dalamnya. Patut dikunjungi bila kalian menyambangi pulau Naoshima. Namanya saja berasal dari permainan bahasa karena yuu adalah air panas dalam bahasa Jepang. Di dalamnya banyak sekali ornamen-ornamen eksotik seperti pohon palem pink, patung gajah besar dan masih banyak lagi.

5. Onsen Dogo

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 6
Terletak di Kota Matsuyama, onsen Dogo adalah rumah mandi tertua di Jepang yang masih berdiri sampai sekarang. Bahkan inspirasi film Sprited Away garapan Hayao Miyazaki berasal dari tempat ini. Sementara pengunjung memiliki tempat sendiri di pemandian utama, ada satu set spesial yang dikhususkan untuk keluarga kerajaan.

6. Rumah Pemandian Funaoka

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 7

Hampir mirip dengan onsen Gogo, rumah mandi Funaoka adalah salah satu dari rumah mandi yang paling terkenal dan disukai di Kyoto. Dekorasinya penuh dengan ukiran kayu indah yang dibuat sejak tahun 1923 dan beragam peralatan modern yang hadir di sini.

7. Spa World Osaka

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 8
Sesuai namanya, Spa World Osaka adalah onsen bertema dengan percampuran semua unsur dunia. Di dalamnya bakal ditemui tempat berendam dengan bermacam tema dan gaya, mulai dari Asia, Eropa sampai Finlandia. Tidak hanya tempat mandi, di dalamnya juga terdapat restoran, perawatan kecantikan, toko dan kolam renang.

8. Onsen Kinosaki

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 9
Terletak di Prefektur Hyogo, onsen Kinosaki adalah sebuah kota air panas klasik yang diapit oleh gunung dan laut. Didirikan sejak abad ke-18, penginapan-penginapan tradisionalnya masih ada sampai sekarang dengan tujuh rumah mandi yang dapat diakses secara mudah.

9. Taman Monyet Jigokudani

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 10

Taman ini cukup unik karena tidak menyediakan tempat untuk berendam namun hanya melihat para kera salju yang mandi dan berendam. Pertunjukan unik ini tidak ada di sembarang tempat dan bila kalian juga ingin berendam dapat mengunjungi onsen Yudanaka di bagian luar kota.

10. Onsen Hirayu

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 11

Satu dari lima kota onsen di area Okuhida di utara pegunungan Alp Jepang, Hirayu adalah yang terluas dan tertua sejak berdiri di 1560. Sangat direkomendasikan setelah bermain ski.

11. Onsen Kawayu

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 13

Terletak di rute ziarah Kumano Kodo, di dalam semenanjung Kii, ada onsen Kawayu yang terletak tidak jauh dari onsen Yunomine. Rekomendasi penginapannya adalah Hotel Fujiya Ryokan yang berada di bantaran sungai Ohto yang terkenal dengan pemandian senninburo, yang ramai dikunjungi pada saat musim dingin tiba.

12. Onsen Takaragawa

Onsen Takaragawa terletak di perdesaan Prefektur Gunma yang dikelilingi oleh ratusan pohon dan dibelah oleh sungai. Ini adalah tempat bersantai sempurna untuk mereka yang mencari kedamaian di dalam lokasi yang menakjubkan.

13. Onsen Kusatsu

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 15

Untuk sebagian besar orang asing, nama Kusatsu mungkin belum pernah terdengar walau kota onsen ini adalah salah satu favorit warga setempat. Terletak di Gunma yang merupakan surga onsen, kota ini memiliki kelebihan di yubatake (lapangan air panas) yang terbesar dan terlebar di Jepang dengan kemampuan produksi 5.000 liter air panas per menit.

14. Danau Kussharo

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 17

Salah satu tempat mata air panas terfavorit di selatan Hokkaido adalah danau Kussharo. Danau kawah terlebar ini adalah satu dari tiga yang berada di Taman Nasional Akan. Di sini kalian dapat berendam atau menggali sendiri untuk menemukan sumber air.

15. Hakone

15 Onsen Terbaik Yang Harus Dicoba di Jepang 18

Favorit terakhir dalam daftar ini adalah Hakone yaitu resort terkenal di bayangan Gunung Fuji, yang dekat dari Tokyo. Ada banyak sekali ryokan dengan kolam air panasnya sendiri dan jangan lupakan ritual memakan telur rebus hitam di owakudani yang dikatakan mampu memperpanjang usia sampai 7 tahun.

Source : Inside Japan
COMMENT