Wow, 5 Inovasi Teknologi dari Jepang Ini Mengubah Dunia!


Teknologi dari Jepang

Jepang memang salah satu negara yang gencar mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi. Tidak hanya gencar, berbagai macam inovasi mereka juga telah diakui dan digunakan oleh seluruh dunia. Faktanya, negara Jepang merupakan rumah dari 10% perusahaan paling inovatif di dunia menurut analisa dari Forbes. Berikut adalah 5 inovasi teknologi dari Jepang yang mengubah dunia.


  1. Shinkansen atau kereta super cepat (1964)

Shinkasen atau kereta super cepat adalah salah satu inovasi teknologi dari Jepang, yang membuat transportasi antar kota semakin mudah dan cepat. Dahulu, Tokyo ke Osaka memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, setelah Hikari No.1 dibuat pada tahun 1964, waktu tersebut dipangkas menjadi 4 jam perjalanan saja. Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini perjalanannya hanya memakan waktu 2 jam saja. Penjelasannya dapat dilihat di gambar berikut.

  1. Kalkulator Saku (1970)

Kalkulator saku pertama kali dibuat pada tahun 1970 yang merupakan inovasi teknologi dari Jepang. Sebelum inovasi ini ditemukan, orang-orang harus membawa kalkulator yang cukup besar ketika membutuhkannya. Model ini nantinya yang menjadi cikal bakal aplikasi kalkulator yang ada di smartphone kita.

  1. Walkman (1979)

Siapa yang tidak kenal dengan inovasi teknologi dari Jepang yang satu ini. Walkman adalah inovasi teknologi dalam bidang musik dari perusahaan besar Jepang yaitu Sony, yang mana kita dapat mendengarkan musik sesuai dengan pilihan kita di mana saja dan kapan saja tanpa harus membawa alat yang cukup besar. Anak-anak kelahiran 80 dan 90-an pasti mengenal teknologi yang satu ini. Sebelum ditemukannya Walkman, satu-satunya cara mendengarkan musik adalah melalui radio portable. Teknologi ini juga yang membuat industri musik berkembang dengan pesat seperti saat ini.

  1. Cahaya Blue LED (awal tahun 1990-an)

Inovasi teknologi ini ditemukan oleh 3 orang ilmuwan Jepang yaitu, Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura, ketika mereka berhasil menciptakan cahaya Blue LED menggunakan alat semi-konduktor mereka. Penemuan ini sendiri menjadi cikal bakal dari teknologi seperti lampu dan TV hemat energi, layar komputer, bahkan smartphone.

Ketiga ilmuwan ini mendapatkan penghargaan Nobel dalam bidang fisika tahun 2014. Penghargaan tersebut diberikan karena penemuan mereka dianggap sebagai salah satu faktor yang mengakibatkan revolusi teknologi pada abad ke-21.

  1. Robot Android (2003)

Orang-orang dulu menganggap bahwa robot adalah fiksi ilmiah belaka, namun hal ini menjadi nyata berkat inovator-inovator dari Jepang. Robot kini bukanlah sesuatu yang mengejutkan dan sudah mulai banyak dikembangkan di dunia.

Pada tahun 2003, Jepang telah membuat robot mirip manusia pertama yang dapat berbicara, berkedip sekaligus bernapas melalui peneliti dari The Intelligent Robotics Lab di universitas Osaka. Bahkan baru-baru ini, sebuah hotel dengan pelayan yang hampir semuanya adalah robot telah dibuka di Nagasaki pada tahun 2015. Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 2013, Jepang membuat robot astronot pertama di dunia yang berbicara di luar angkasa bernama Kirobo. Penasaran bukan? simak videonya di bawah ini!

Demikianlah 5 inovasi teknologi dari Jepang yang mengubah dunia untuk selamanya. Jepang memang cepat dalam bidang yang satu ini. Namun tidak menutup kemungkinan generasi muda negara Indonesia juga dapat bersaing dengan mereka. Mereka bisa, kenapa kita tidak? Semangat terus Indonesia!

Source : weforum.org

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
14
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
1
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini