SHARE THIS ARTICLE
Robot Pepper si pembawa acara televisi. (Dok. Softbank)
Robot Pepper si pembawa acara televisi. (Dok. Softbank)

Sudah menonton film kartun Wall-E (2008)? Di balik komedi film tersebut, tersirat kalau di masa depan para manusia akan segera digantikan oleh sosok robot.

Dan tampaknya era tersebut sudah dimulai. Beberapa fungsi manusia sebagai penggerak banyak tergantikan oleh tenaga robot.

Diberitakan oleh The Hollywood Reporter pada Selasa (24/3), di Jepang, sebuah robot bahkan akan didaulat untuk membintangi sebuah acara televisi.

Robot berkarakter manusia yang dinamakan Pepper itu akan menjadi pembawa acara anak-anak yang berjudul Oha-sta di saluran televisi Tokyo TV mulai 6 April 2015.

Menurut sang produser, penampilan Pepper di televisi adalah yang pertama kali di dunia.

Dalam Oha-sta, Pepper akan berbincang, menari dan bermain. Acara yang diproduksi oleh Shogakukan-Shueisha Productions ini akan ditayangkan pada pagi hari.

Selain matanya yang hitam bulat dan tampak kosong, sosok Pepper yang setinggi 1,2 meter terlihat cukup bersahabat.

Meski bukan manusia, namun Pepper diklaim mampu merasakan emosi manusia di sekitarnya.

Mesin-mesin canggih di tubuh Pepper diciptakan oleh perusahaan asal Prancis, Alderbaran Robotics, yang dibeli oleh perusahaan teknologi asal Jepang, Softbank senilai US$ 100 juta ada tahun 2012.

Softbank juga memiliki investasi sebesar US$ 250 juta di Legendary Pictures pada November 2014, setelah gagal menanam modal di DreamWorks Animation.

Otak Pepper ditanami oleh perangkat lunak komputasi awan via Wi-Fi.

Agar bisa berkomunikasi, Pepper memiliki empat mikrofon, dua kamera HD, dua unit sonar, enam laser, sensor sentuh dan sensor 3D.

Pepper telah diperkenalkan pada musim panas lalu. Bagi yang ingin memilikinya, robot canggih ini bisa dimiliki dengan harga US$ 1.660.

Source : cnnindonesia.com
COMMENT