SHARE THIS ARTICLE

Jika membicarakan mengenai kudapan agar-agar atau jelly, apa yang terpikir menjadi bahan utamanya? Umumnya jelly menggunakan jus buah ataupun sirup buah, susu dan sebagainya sebagai bahan perasa utamanya, namun tidak demikian halnya dengan Jelly yang dijual di Okashino Nanko, sebuah toko kue di Miyakonojo-shi, Prefektur Miyazaki, Jepang.

Di samping jelly dengan rasa buah yang biasa, pada seri jelly “Kiri No Daichi jelly” yang mereka produksi, terdapat dua produk yang menggunakan shochu, yaitu jenis minuman keras yang banyak dikonsumsi di Jepang.

Shochu yang dijadikan bahan jelly ini sendiri adalah shochu yang merupakan produk dari kota Miyakonojo, yaitu Kirishima Brilliant “Kuro” dan Kirishima Brilliant “Shiro”.

kuro-kirishima_img_01
Kirishima Brilliant “Kuro”
shiro-kirishima
Kirishima Brilliant “Shiro”

Jelly yang terbuat dari Kirishima Brilliant Kuro sendiri dikemas dengan dominasi warna hitam, dan jellynya pun berwarna hitam. Begitu kemasannya dibuka, jelly ini mengeluarkan aroma shochu yang cukup kuat, dan memiliki rasa khas Kirishima Brilliant yang tajam, namun smooth di tenggorokan, meskipun jelly ini didominasi rasa manis, berbeda dengan versi minumannya. Kandungan alkohol yang tersisa dalam jelly ini pun tidak terlalu banyak, namun masih terasa.

Kuro Shochu Jelly
Kuro Shochu Jelly
Shiro Shochu Jelly
Shiro Shochu Jelly

Adapun pasangannya, jelly yang terbuat dari Kirishima Brilliant Shiro dikemas dengan warna serba putih, sangat kontras dengan jelly kuro. Dibandingkan dengan jelly “kuro”, aroma shochu pada jelly ini tidak terlalu kuat, dan rasanya pun tidak setajam versi kuro. Dengan tambahan potongan buah chestnut di tengah jelly ini, menjadikan rasanya lebih mild dan elegan. Seperti halnya jelly “kuro”, jelly ini pun memiliki kandungan alkohol yang tidak banyak, namun masih dapat terasa.

Jelly ini merupakan oleh-oleh yang cocok jika berkunjung ke Miyakonojo, terutama jika kalian suka shochu. Namun jangan lupa, karena shochu jelly ini mengandung alkohol, yang masih di bawah umur dan yang sedang/akan menyetir tidak boleh makan ya!

(Text by Nom de Plume)
[Image source: kuro kirishima shochu, shiro kirishima shochu, personal]

COMMENT