SHARE THIS ARTICLE

Ekiben (駅弁) adalah kotak makan kereta api yang dijual di stasiun dan di kereta di seluruh Jepang. Ekiben sangat populer – banyak orang menantikan pergi dengan kereta hanya untuk ekiben.

 4a the-good-life-954

Makanan Kecepatan Tinggi

Ekiben biasanya dinikmati dalam shinkansen line di Jepang. Mereka juga dinikmati dalam kereta apapun yang memiliki reserved seat (untuk perjalanan minimal 1 jam atau lebih).

4b itadakimasu-ekiben-954

4c ekiben-passenger-954

Semua stasiun shinkansen memiliki toko ekiben. Setiap stasiun menampilkan produk lokal khas daerah tersebut. Beberapa stasiun memiliki signature ekiben yang dikenal luas di seluruh Jepang.

4d ekiben-shop-shinjuku-954

4e eki-ben-hakodate-954

4f ekiben-galore-tokyo-station-954

4g oishii-ekiben-954

Popularitas Ekiben

TV Jepang punya banyak acara variety show, travel, dan makanan yang selalu saja membicarakan tentang ekiben setidaknya sekali dalam seminggu.

Jepang memiliki pasukan penggemar ekiben yang bepergian ke seluruh penjuru negeri melaporkan temuan ekiben mereka dalam blog tentang ekiben. Ada ratusan ekiben populer di negeri tersebut. Sebagai contoh, ekiben Marunouchi di Stasiun Tokyo populer di seluruh Jepang.

4h Makunouchi-bento-tokyo-station-954

Nama Marunouchi dinamakan berdasarkan lingkungan di luar Stasiun Tokyo. Ekiben tersebut terinspirasi dari cemilan yang dimakan sewaktu pertunjukan kabuki di area tersebut (pada periode Edo).

Ekiben yang tak Biasa

Dalam pasar ekiben yang sangat kompetitif, vendor ekiben terkadang menawarkan makanan yang eksotis untuk menarik pelanggan. Sebagai contoh, Ikameshi bento di Stasiun Mori Hokaido terdiri dari nasi dengan rasa tertentu yang diisikan dalam cumi-cumi.

4i squid-in-a-box-954

4j Ikameshi-Mori-Station-Hakodate-Hokkaido-954

Wadah Ekiben

Ekiben lainnya populer karena bentuk kotaknya. Wadahnya dapat disimpan sebagai souvenir perjalanan. Sebagai contoh Daruma Bento dari Takasaki dikemas dalam kotak plastik “keberuntungan” yang dibuat dalam bentuk boneka tradisional Jepang yang menggambarkan sosok pendeta Buddha legendaris.

4k Daruma-Bento-954

Hidup bersama Ekiben

Ekiben memiliki harga cukup ekonomis. Kebanyakan harganya berkisar antara 700 hingga 1500 yen. Harga tertinggi untuk beberapa ekiben mendekati 3000 yen.

4l ekiben-fine-cuisine-954

4m ekiben-and-beverage-954

Ekiben kadang menggambarkan makanan berkelas dan dibandingkan dengan makanan di business class pada maskapai penerbangan.

4n Toge-no-kamameshi-Yokohama-in-an-earthen-pot-954

Sebaiknya kalian membeli ekiben di stasiun jika memiliki waktu. Di dalam kereta juga ada penjualan ekiben namun biasanya cepat terjual habis.

4o shinkansen-more-relaxing-than-flying-954

Toko ekiben memiliki model makanan dari plastik maupun foto yang menunjukkan isi ekiben.

4p ekiben-models-954

4q ekiben-bento-sapporo-station-954

Etika ber-ekiben

Ekiben akan dikemas dengan kantong plastik. Ketika kalian selesai menyantap makanan, bungkus bekas makan dalam kantong plastik dan ikat dengan erat. Ini akan mencegah bau makanan menyebar di dalam kabin. Ketika kalian turun dari kereta, bawa kantong sampah tersebut bersama kalian. Ada kotak sampah di setiap stasiun.

Aturan penggunaan sumpit juga berlaku saat menyantap ekiben.

Source : food.japan-talk
COMMENT