SHARE THIS ARTICLE
Source: roomyjapan.com
Source: roomyjapan.com

Tidak ada gunanya tinggal di tempat kecil!

Pindah ke luar negeri dan mencoba untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di negara lain dapat menjadi suatu petualangan yang menarik tetapi dapat juga benar-benar membuat stres. Memulai hidup baru di tempat seperti Jepang juga tidak terkecuali. Selain menyesuaikan diri dengan budayanya, Anda juga harus yakin Anda dapat menemukan tempat yang terjangkau untuk Anda tinggali.

Penting untuk diketahui seperti apa apartemen di Jepang itu sebelum Anda bepergian. Hal ini dapat mengurangi kejutan budaya dan membuat Anda dapat merencanakan anggaran yang rasional yang masih berada dalam daya jangkau keuangan Anda. Anda dapat melakukan penelitian dan bersiap menerima yang terburuk tetapi mungkin saja Anda menemukan bahwa apartemen Jepang itu lebih bagus dari yang Anda pikirkan sebelumnya!

Biaya apartemen di Jepang

Hal yang harus paling diperhatikan unutk masalah apartemen di Jepang selalu adalah biaya pada umumnya. Tergantung di mana Anda tinggal di Jepang, apartemen dapat menjadi sangat mahal. Anda dapat membandingkan ini dengan tingkat biaya yang berbeda-beda untuk hidup di kota-kota di negara lain dibandingkan apartemen lebih murah di kota-kota yang lebih kecil. Namun, perbedaan terbesar yang akan Anda lihat antara apartemen di Barat dan apartemen di Jepang adalah berapa besar ruang yang dapat Anda beli dengan uang Anda. Dalam banyak kasus, bahkan sebuah apartemen mahal di Jepang tidak memberi Anda ruang yang cukup besar.

Tetapi perlu diingat bahwa harga apartemen akan selalu bervariasi berdasarkan hal-hal seperti lokasi, ukuran, tingkat permintaan, dan lain-lain. Merupakan suatu kemungkinan bahwa menemukan sebuah apartemen yang lebih terjangkau adalah masalah di mana Anda tinggal, satu bagian kota mungkin saja memiliki harga apartemen yang jauh lebih murah dibandingkan dengan bagian lain di kota yang sama. Anda mungkin dapat menemukan apartemen yang lebih murah jika Anda rajin mencarinya di iklan baris, dan juga mungkin Anda harus mempertimbangkan mencari satu atau dua orang lain yang mungkin tertarik untuk menjadi teman sekamar dengan Anda.

Ukuran ruang untuk hidup

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah berapa banyak ruang yang Anda butuhkan untuk menjadi nyaman. Jika Anda bukan seorang claustrophobia (orang yang memiliki phobia ruang sempit) dan tidak memiliki barang-barang yang terlalu banyak, Anda mungkin dapat tinggal di apartemen mikro. Sering dibandingkan dengan peti mati, ruang kecil itu biasanya memiliki panjang tidak lebih dari 2,2 meter dan lebar 1 meter saja, dengan ruangan yang hanya cukup untuk berbaring saja.

Tetapi tempat tinggal seukuran lemari tentu bukan untuk semua orang. Anda mungkin ingin memiliki ruang outdoor termasuk ruangan untuk menyimpan berbagai furniture luar ruangan Anda. Sekali lagi, untuk ruang hidup yang lebih besar, cobalah lakukan pengamatan mengenai biaya relatif terhadap lokasinya dan ketahui seberapa mahal yang Anda mampu.

japanese-apartment-02

Apartemen di Jepang adalah kanvas kosong

Salah satu kejutan budaya utama bagi sebagian orang Barat (atau orang non-Jepang lainnya) yang pindah ke sebuah apartemen di Jepang adalah bahwa biasanya tidak ada satu perabotan pun di sana. Mengatakan bahwa tidak ada perabotan adalah sebuah pernyataan yang meremehkan; bahkan di sana tidak ada peralatan seperti microwave dan mesin cuci serta pengering.

Tetapi hal itu tidak selalu terjadi. Ada sebagian perusahaan dan program mengajar di luar negeri yang memberikan Anda apartemen yang sudah berisi perlengkapan dan perabotan di dalamnya. Atau sekali lagi, carilah dengan teliti di iklan baris, dan Anda akan menemukan apartemen yang menyediakan perabotan sebelum Anda pindah.

Anda tidak perlu merasa panik mengetahui bahwa sebagian apartemen di Jepang tidak menyediakan apa-apa selain ruang kosong untuk Anda. Anggaplah apartemen itu sebagai sebuah kanvas kosong. Ini memberi Anda kesempatan untuk berpikir tentang peralatan apa saja yang benar-benar Anda butuhkan dan benar-benar akan Anda gunakan setiap hari. Pemikiran seperti ini dapat membuat Anda membelanjakan uang Anda untuk membeli kebutuhan utama saja dan dapat membuat Anda berhemat untuk jangka panjang.

japanese-apartment-03

Pindah ke Jepang kemungkinan akan berarti melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan menyesuaikan diri dengan cara baru hidup. Beberapa hal yang akan Anda temukan tidak jauh berbeda dari kehidupan di Barat (atau di tempat lain di luar Jepang). Sebagian hal lain mungkin memang mengagetkan, seperti fakta bahwa orang-orang benar-benar hidup dalam ruang seukuran sebuah lemari. Namun jika Anda merasa nyaman tingal di ruang sempit seperti itu, kenapa tidak?

Ingatlah untuk melakukan semua penelitian yang diperlukan, mempertimbangkan lokasinya dan mulai menabung sebelum Anda meninggalkan negara asal Anda. Cobalah cari tahu jika ada pekerjaan yang bisa Anda lakukan yang membuat Anda dapat membayar biaya tertentu atau bahkan menyediakan Anda dengan peralatan. Jika biaya yang harus Anda sediakan terlalu banyak untuk Anda tangani sendiri, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan teman sekamar. Hal ini dapat membuat pengalaman hidup di suatu negara baru menjadi lebih baik karena Anda memiliki paling tidak satu orang lain untuk berbagi.

japanese-apartment-04

Source : Diverse Japan
COMMENT