SHARE THIS ARTICLE

Tempura adalah salah satu masakan Jepang yang merupakan hasil adaptasi dari makanan Portugis. Hidangan berupa makanan laut dan sayur-sayuran ini memang selalu menggoda untuk dicoba. Satu hal yang khas dari penyajian tempura adalah mencelupkannya dalam saus yang disebut tentsuyu, yang disajikan hangat bersama parutan jahe dan parutan lobak. Namun kali ini akan diulas mengenai resep tempura saus jahe yang bisa kalian sajikan untuk kesempatan khusus bersama keluarga atau orang istimewa dikutip dari japanbullet.com.

Bahan-bahan

1 wortel berukuran sedang (sekitar 100g), dikupas
Minyak sayur, untuk mengoreng
24 ekor udang hijau berukuran sedang, kupas dengan ekornya dibiarkan utuh
1 bawang putih berukuran kecil (sekitar 80g), iris tipis melintang
16 daun kemangi segar berukuran besar, dicuci, dikeringkan
Sejumput garam

Adonan

330ml (1 1/3 cangkir) air es
2 kuning telur
1 1/2 sdm cuka putih
200g (11/3 cangkir) tepung terigu
1/2 sendok teh soda bikarbonat
saus jahe
1 sendok makan minyak sayur
5cm jahe segar dipotong, dikupas, diparut halus
1 siung bawang putih, ditumbuk
Sejumput serpihan cabai kering
80ml (1/3 cup) cuka anggur beras
80ml (1/3 cup) soy sauce
60ml (1/4 cangkir) air

Cara Pembuatan

Panaskan oven hingga 120°C. Lapisi nampan dengan handuk kertas. Gunakan alat pengupas sayuran untuk mengiris wortel memanjang, seperti pita tipis. Sisihkan.

Untuk membuat saus jahe, panaskan minyak dalam panci kecil di atas api sedang-tinggi. Tambahkan jahe, bawang putih dan cabai, dan masak, aduk, selama 1 menit atau hingga harum. Tambahkan cuka, soy sauce dan air, dan didihkan. Kurangi panas hingga sedang dan biarkan mendidih, tutup selama 3 menit atau hingga sedikit berkurang. Angkat dan sisihkan selama 15 menit hingga dingin.

Sementara itu, tambahkan minyak secukupnya ke panci atau wajan berukuran besar hingga mencapai setengah sisi panci. Panaskan hingga 19 °C dengan panas tinggi (ketika minyaknya sudah panas maka sebongkah roti akan berubah menjadi cokelat keemasan dalam 10 detik).

Untuk membuat adonan, kocok air, kuning telur dan cuka dalam mangkuk besar. Tambahkan tepung dan soda bikarbonat dan aduk sebentar hingga larut tapi masih kental (tidak terlalu bercampur).

Pegang ekor udang, celupkan 12 ekor udang, satu per satu, ke dalam adonan hingga terlapisi secara merata. Goreng dalam rendaman minyak selama 2 menit atau hingga udang berubah warna dan berubah warna menjadi keemasan. Gunakan sendok untuk memindahkannya ke nampan yang telah disiapkan dan tempatkan dalam oven agar tetap hangat. Ulangi dengan udang yang tersisa, panaskan kembali jika perlu. Celupkan wortel dalam adonan hingga terlapisi secara merata. Goreng dalam rendaman minyak selama 2 menit atau hingga berwarna keemasan. Pindahkan ke nampan dengan udang dan tempatkan dalam oven agar tetap hangat. Ulangi kembali proses serupa dengan bawang dan daun kemangi. Bumbui tempura dengan garam.

Susun tempura pada piring penyajian dan sajikan dengan saus jahe.

Source : japanbullet.com
COMMENT