SHARE THIS ARTICLE

Resep Kakiage Jepang yang renyah dan lezat

Kakiage (かき揚げ) adalah salah satu jenis tempura yang terbuat dari sayuran yang dipotong halus dan dibuat dengan adonan tempura yang renyah dan disantap dengan taburan garam yang kaya dengan umami sebagai pelengkapnya. Ada yang pernah mencoba Kakiage? Untuk yang belum mengetahuinya, berikut ini akan diperkenalkan resep cara membuat Kakiage dari bahan-bahan yang sederhana menjadi suatu hidangan yang luar biasa dikutip dari japanbullet.com. Kalau di tempat kalian Kakiage ini mirip dengan makanan apa ya? Bakwan? Bala-bala?

Bahan-bahan:

160 gram Bawang (1 bawang kecil, diiris-iris)
90 gram Wortel (1 wortel kecil, dipotong menjadi lembaran pendek dan tipis)
70 gram Burdock/Gobo (1/3 burdock dipotong menjadi lembaran pendek dan tipis)
10 gram/1 ikat kecil Mitsuba (trefoil leaf/japanese wild parsley, bentuknya mirip daun seledri biasanya tiap tangkai terdiri dari 3 helai daun)
80 gram tepung (sekitar 2/3 cangkir)
1/2 cangkir soda (dingin)

Cara pembuatan:

Siapkan bawang, wortel, burdock dan mitsuba dan masukkan ke mangkuk besar, campur dengan bawang. Pastikan sayuran tersebut sangat kering (gunakan kertas tisu untuk mengeringkannya).

Siapkan saringan kawat yang dilapisi dengan beberapa lembar kertas tisu. Panaskan panci dengan minyak sayur setinggi 1 inci dan panas 180 derajat Celcius.

Aduk sayuran bersama dengan tepung hingga tepung merata.

Tambahkan soda dingin ke sayuran dan kemudian aduk untuk mencampurkannya. Jika ada benjolan kecil dari beberapa tepung itu tidak masalah, tapi ada jangan ada air di bagian bawah mangkuknya. Hati-hati jangan mengaduk adonan terlalu berlebihan.

Cara termudah untuk membentuk adonan dan memastikannya tidak berantakan saat menggoreng adalah dengan membentuknya di spatula, dan kemudian turunkan spatula ke dalam minyak, gunakan spatula kedua untuk mengikis gorengan yang pertama.

Goreng Kakiage hingga tidak lagi lembek dan kemudian balik dan goreng sisi lainnya (sekitar 1-2 menit).

Goreng sisi kedua hingga renyah (1 hingga 1 1/2 menit).

Ketika Kakiage sudah renyah (tapi belum berwarna kecokelatan), keluarkan dari minyak, keringkan minyak sebanyak mungkin di atas panci sebelum memindahkannya ke saringan kawat.

Sajikan Kakiage pada selembar kertas dengan ditaburi garam yang kaya dengan umami.

Source : japanbullet.com
COMMENT