SHARE THIS ARTICLE

Tepung panko merupakan tepung panir yang khusus dipakai untuk melapisi gorengan khas Jepang. Berbeda dengan tepung panir, tepung panko yang biasa digunakan untuk makanan Jepang seperti katsu atau tempura memiliki tekstur butiran yang lebih kasar berwarna putih. Berikut ini disajikan resep ayam ala Jepang dan salad mie ramen untuk makan malam yang mudah untuk dibuat dikutip dari japanbullet.com.

Bahan-bahan:

1 butir telur, kocok sebentar
1 1/2 sdm pasta miso
1 cangkir tepung remah roti panko
1/4 cangkir biji wijen
500g tenderloin ayam kecil, dibelah dua membujur
180g mie ramen kering
1 paprika merah, iris tipis
2 batang seledri, diiris sangat tipis secara diagonal
100g kacang kapri, dipangkas, iris tipis memanjang
2 sendok makan kulit limau diparut halus
1/4 cangkir air jeruk nipis
1/4 cangkir mayones Jepang
1 sdm soy sauce
jeruk nipis, untuk penyajian

Cara pembuatan:

Kocok telur dengan 1 sendok makan miso dalam mangkuk kecil. Campurkan tepung remah roti dan biji wijen dalam mangkuk. Celupkan 1 potong ayam dalam campuran telur, lalu lumuri dalam campuran tepung remah roti, tekan untuk memadatkannya. Taruh di atas loyang besar. Ulangi dengan ayam yang tersisa, dan telur dengan campuran tepung remah roti. Tutup. Dinginkan di kulkas selama 15 menit.

Sementara itu, masak mie dalam panci besar berisi air mendidih mengikuti petunjuk dalam kemasan hingga empuk. Tiriskan, sisakan 1 sendok makan airnya. Bilas dengan air dingin. Tiriskan.

Campurkan mie, paprika, seledri, kacang kapri dan kulit limau. Kocok air jeruk nipis, mayones, soy sauce, sisa miso dan air sisa memasak mie. Tuangkan saus di atas mie. Aduk dengan lembut untuk mencampurkannya. Sisihkan.

Panaskan panggangan sampai panasnya sedang. Panggang ayam selama 3 hingga 4 menit setiap sisinya atau hingga berwarna keemasan dan matang. Sajikan mie dengan ayam dan jeruk nipis di atasnya.

Source : japanbullet.com
COMMENT