Panduan Kuliner di Jepang: 8 Restoran Mie Paling Populer di Wilayah Kansai

3 min


Ramen adalah salah satu hidangan kuliner di Jepang paling ikonik di seluruh dunia. Meskipun mungkin terkadang tidak tersaji dengan kaldu umami yang lezat dan beraroma super, ditambah dengan mie kenyal yang lembut, ketika kalian memikirkan tentang ramen, dalam bentuk apa pun itu, akan identik dengan makanan pemuas selera begitu banyak orang yang memujanya. Restoran mie ramen sangat populer di berbagai negara dan mereka memiliki cita rasanya sendiri dalam membuat hidangan luar biasa ini.



Jepang juga menjadi rumah bagi hidangan mie lainnya, bukan hanya ramen. Beberapa di antaranya adalah soba, udon, dan shirataki. Dari segi tekstur, cara memasak, dan presentasi mereka sangat bervariasi. Entah mereka diseruput dari mangkuk, dicelupkan, dimakan tanpa atau sedikit kuah, dimakan dingin atau sebagai bahan tambahan dalam hidangan, semua orang menyukainya. Jika kalian kebetulan berada di wilayah Kansai, berikut adalah beberapa panduan kuliner di Jepang terkait restoran mie populer yang tidak boleh kalian lewatkan.

Ide Shoten, Wakayama

Sebelum media sosial menawarkan kita begitu banyak pilihan ramen, inilah salah satu yang dinyatakan oleh program TV sebagai yang terbaik di Jepang. Berkunjunglah pada hari kerja jika memungkinkan sehingga kalian tidak perlu mengantri selama satu jam di akhir pekan. Kaldu tonkotsu shoyu yang pekat dan mie yang kenyal akan menjelaskan mengapa penduduk setempat terus datang kembali untuk menyantapnya.

Kadoya Shokudou Honten

Osaka telah terkenal akan ramen-nya dan ini adalah toko yang harus dikunjungi jika kalian ingin mencoba semangkuk ramen berlevel Michelin. Sama seperti restoran populer lainnya, antrian panjang dan bagian dalam yang penuh akan kalian temui disini. Salah satu yang menjadi favorit sepanjang masa disini adalah Chuka soba, atau mie bergaya Cina, disajikan dengan kaldu ayam berwarna gelap dan potogan nori tepat di bagian tengah yang menyelimuti sepotong char siu dengan mie keemasan menjadikannya hidangan yang wajib untuk dicicipi.

Ryukishin RIZE

Kaldu kental seperti krim yang terbuat dari garam alami dan kerang segar merupakan ramuan kaldu ramen yang unik karena biasanya mereka terbuat dari ayam atau daging. Rasa sedalam laut dimana kulit kerang berasal akan menyelimuti indera kalian dan membuat penikmatnya jatuh cinta dengan ramen seafood ini. Periksa menu mereka untuk penawaran musiman lainnya dan siapa yang tahu ada apa lagi yang bisa kalian temukan disini.

Resshi Shoyu Menkobo Sanku



Bukan hanya potongan daging selebar mangkuk yang akan mengejutkan kalian. Kaldu niboshi yang terbuat dari ikan sarden kering di restoran ini akan membuatmu terkesima. Jika kalian berpikir itu akan berbau amis, coba pikirkan lagi. Semua orang mengatakan itu sama sekali tidak berbau amis. Sama seperti variasi ramen populer lainnya, kuahnya tebal, pekat dan sangat lezat.

Chuka soba Uemachi

Karena koki disini berasal dari salah satu restoran mie kelas atas yang juga berada di daftar ini, Kadoya, kalian dapat mengharapkan Chuka soba yang sangat lezat, kali ini dengan kreasi uniknya sendiri. Yang terakhir adalah sesuatu yang wajib dicicipi jika kalian mencari sesuatu yang mewah dan unik, cobalah tsuke-men mereka. Cara makan dengan dicelupkan ke saus ini cukup menyenangkan dan juga tentunya memuaskan rasa lapar.

Men Factory Jaws

Restoran mie bernama tidak biasa ini tidak hanya untuk pria, wanita juga bisa menyeruput semangkuk ramen dengan kaldu dari tulang dan daging yang menjadi favorit disini, atau ramen rasa ikan dengan potongan daging, telur, dan tambahan lainnya. Restoran bergaya Hawaii ini menyajikan ramen mereka dalam berbagai ukuran yang siap untuk memenuhi selera makan para pengunjungnya.

Kyoto Gogyo

Pernahkah kalian mendengar tentang ramen yang dibakar? Dinamakan ramen bakar karena kaldu berbasis miso mereka dimasak dengan api bersuhu 300 derajat celcius yang dipanaskan dalam wajan dengan nyala api menyala di dapur mereka. Ketika berada di Kyoto hidangan ini layak untuk dicoba karena cara memasaknya yang unik, dan membuat antrian selama 40 menit terasa tidak sia-sia.

Enishi

Maze-soba adalah kuliner di Jepang yang luar biasa ketika berbicara tentang mie. Menu kuliner di Jepang disini adalah tantanmen, ramen Cina pedas dengan tambahan daging cincang, tetapi tanpa kaldu. Saus pedasnya terasa panas dan seakan membakar mulut dan tenggorokan kalian. Tetapi itu adalah rasa pedas yang pasti ingin kalian santap lagi ketika kalian mencicipi hidangan luar biasa ini.

Daftar ini hanyalah sebagian kecil dari begitu banyaknya restoran mie di seluruh wilayah Kansai yang pasti dapat memuaskan hasrat kalian akan ramen, soba dan udon, belum lagi ditambah dengan kreasi unik dan menarik dari variasi mie lainnya yang layak untuk dicoba. Variasinya tidak terbatas, ditambah kalian dapat menyantapnya kapan saja tanpa perlu mengkhawatirkan isi dompet karena semangkuk mie tidak begitu mahal, sehingga kalian dapat memakannya untuk sarapan, makan siang, makan malam dan bahkan mungkin sebagai camilan.

 

* Ingin menyantap semangkuk mie ketika berada di Kansai? Kunjungilah restoran dalam daftar ini untuk mencicipi kuliner di Jepang yang terbaik!

Source : Japan Info Swap


What's Your Reaction?

LOL LOL
50
LOL
Sugoi! Sugoi!
67
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
88
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
101
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
114
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
128
Daisuki!
Kowai Kowai
12
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
76
Kawaii~
radishafira

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes