Niconico Chokaigi 2017, Festival Unik Hadirkan Dunia Virtual di Kehidupan Nyata


Bagi kalian yang menyukai game, anime, vocaloid, cosplay, kabuki, dan hal-hal bertema Jepang lainnya, maka kalian harus datang ke acara Niconico Chokaigi 2017, festival unik yang menciptakan dunia virtual Niconico dalam kehidupan nyata. Acara yang diselenggarakan oleh situs video sosial terbesar di Jepang, Niconico, pada tanggal 29-30 April 2017 bertempat di Makuhari Messe Convention Center ini menawarkan beragam konten dari Niconico, yang hampir semua aktivitasnya akan ditayangkan secara streaming, langsung dan global di Niconico.


Niconico sendiri adalah layanan sharing/live-streaming yang dimulai pada tahun 2006 dan dibuat terutama untuk para pengguna di Jepang, di mana saat ini telah memiliki lebih dari 62 juta pengguna terdaftar termasuk 2,5 juta anggota berbayar. Sedangkan Chokaigi adalah peleburan budaya internet Jepang, di mana dalam acara yang berbeda dari acara lainnya ini orang-orang dari segala umur bisa berkumpul dalam kehidupan nyata. Para pengunjungnya tidak hanya menonton, tapi juga dapat berperan menikmati komunikasi tatap muka secara langsung dalam atraksinya.

Dalam acara yang tiap harinya dimulai sejak jam 10 pagi ini para pengunjung dapat menikmati berbagai fitur yang tersebar di beberapa area, seperti tradisi Jepang, game, anime, musik, cosplay, teknologi, olahraga, segala hal bertema kereta, pesawat, pemerintahan, pernikahan, hingga makanan.

Pada area tradisi Jepang, pengunjung akan menemukan Cho Kabuki, Real Sumo, Niconico Shrine, serta Go & Shogi. Dalam pertunjukan Cho Kabuki yang menggabungkan tradisi Jepang dan teknologi maju, diva vocaloid virtual Hatsune Miku dan aktor Kabuki populer Shidou Nakamura berkolaborasi menampilkan performa sensasional yang belum pernah ada sebelumnya, yang tahun ini mempersembahkan kisah cinta antara Shidou dan Miku yang disebut “Kuruwa Kotoba Awase Kagami“.

Pada pertunjukan Real Sumo, pengunjung dapat menyaksikan pertandingan sumo yang menampilkan 250 sumo rikishi (pegulat sumo) dikombinasikan dengan teknologi dan efek CG. Sedangkan di Niconico Shrine, pengunjung dapat mengunjungi kuil yang dikombinasikan dengan Niconico Live di mana mereka akan menempuh berbagai rintangan sambil ditayangkan secara live. Sementara di tempat Go & Shogi, para pengunjung dapat mendapatkan pengalaman secara langsung berkompetisi melawan robot A.I dalam turnamen Shogi dari Denou-sen.

Di area Game, akan ditampilkan turnamen game di mana para pengunjung bisa bermain berbagai game retro, analog, arcade, hingga game smartphone dan game indie. Di sini juga akan hadir para komentator game dari Niconico, serta terdapat rumah hantu yang dapat dinikmati baik secara offline maupun online dengan dibuat berdasarkan game indie populer berjudul Angels of Death. Para pengunjung yang masuk ke dalamnya pun tidak hanya akan ditakut-takuit oleh para hantu dan roh, tapi juga dengan letusan gas karbon dan lainnya.

Di sisi lain pada area anime, pengunjung dapat berpartisipasi dalam game yang dibuat berdasarkan anime Attack on Titan, Kemono Friends, Idol Master dan KING OF PRISM by PrettyRhythm. Salah satu contohnya, dalam permainan berdasarkan anime Attack on Titan pengunjung akan bergantungan ala pendaki gunung dan berusaha agar tidak dimakan oleh para Titan. Di bagian lain area ini juga terdapat aneka itasha, mobil yang dihias dengan karakter anime, manga, dan game) dari seluruh pelosok Jepang, serta pojok doujinshi di mana para pengunjung bisa membeli berbagai merchandise.

Bagi yang menyukai musik, area musik di acara Niconico Chokaigi 2017 kali ini akan berisi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan vocaloid seperti penampilan para DJ yang membawakan lagu-lagu vocaloid, penjualan merchandise vocaloid eksklusif hingga demo dari produk-produk yang belum dirilis. Di sini para pengunjung yang berhasil memenangkan lotere juga bisa tampil bernyanyi dalam panggung Me Singing, yang dirancang dengan peralatan audio dan pencahayaan tingkat profesional.

Sementara itu juga ada Me Playing, panggung di mana para musisi dari Niconico memainkan berbagai peralatan musik dalam membawakan lagu-lagu anime dan vocaloid, dengan bintang tamu band dari US Forces Japan dan Marty Friedman. Untuk mereka yang gemar menari, dapat mengikuti pelajaran menari ala karakter anime dan vocaloid yang diajarkan oleh para penari dan koreografer dalam Me Dancing, yang kemudian menampilkannya di hadapan para penonton.

Selain itu semua, masih ada area Cosplay dengan fasilitas ruang ganti, para cosplayer dapat memperlihatkan karya mereka di panggung, dan juga terdapat Cosplay Dock di mana para cosplayer dapat memperbaiki kostum mereka yang rusak secara gratis. Lalu ada Robot Contest (Robocon), salah satu kontes robot dengan ukuran besar yang telah ada sejak tahun 1988. Di sini para pengunjung dapat melihat bahkan mengendalikan beberapa robot, juga ada penampilan dari beberapa Android.

Para pengunjung yang gemar olahraga bisa berkeringat dalam ajang Super Human Sports, Bubble Jumper, dan HADO, di mana mereka bisa bermain berbagai olahraga berbeda yang dipadukan dengan teknologi modern dan menampilkan juara Olimpiade sebagai salah satu penantangnya. Niconico Chokaigi juga akan memanjakan para penggemar kereta dengan pameran dan tempat-tempat berfoto yang berkaitan dengan kereta dan stasiunnya.

Di area pemerintahan, seluruh partai politik dari Jepang akan mengisi booth untuk kegiatan berpolitik mereka di mana mereka bisa menayangkan video konten tanpa edit dan bisa melihat secara langsung reaksi dari para penontonnya. Di sini juga akan ada pameran dari Japanese Self Defense Force yang menampilkan kendaraan dan persenjataan yang biasanya tidak diperlihatkan kepada publik dengan iringan musik dari Tokyo Band Musical Instrument Wagon.

Bagi mereka yang berniat untuk menikah, bisa berkunjung ke Real Wedding Ceremony, acara perjodohan yang bisa diikuti oleh mereka yang telah terpilih setelah mendaftar, yang dapat menggelar pernikahan secara langsung di Niconico Chokaigi dengan sambutan meriah dari para pengunjung.

Setelah berkeliling ke berbagai area tentunya kalian akan merasa lapar bukan? Jangan khawatir, di area food court para pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman bertema karakter atau benda dari berbagai video game dan meme internet yang populer di Jepang.

Jadi, buat kalian yang sedang berada di Jepang, jangan sampai terlewatkan ya, ayo datang ke acara Niconico Chokaigi 2017!


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Niconico Chokaigi 2017, Festival Unik Hadirkan Dunia Virtual di Kehidupan Nyata

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini