Share on

Seharusnya minggu ini menjadi momen yang sangat penting bagi Tokyo. Ibukota Jepang tersebut seharusnya menggelar Upacara Pembukaan Olimpiade yang semula direncanakan untuk tanggal 24 Juli. Seperti yang kita ketahui bahwa Olimpiade Tokyo dan Paralimpik ditunda kembali pada bulan Maret kemarin dikarenakan seluruh negara terkena dampak pandemi COVID-19. Nah, baru-baru ini jadwal dari Olimpiade Tokyo telah diumumkan yang  akan dimulai musim panas mendatang pada 23 Juli 2021.

Advertise With Us

Hingga kini, ajang kompetisi olahraga internasional ini masih terbilang "rapuh",  dengan protokol social-distancing dan larangan perjalanan internasional. Akan tetapi, pihak penyelenggara dari Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) tampaknya positif bahwa kita akan melihat acara musim panas mendatang, bahkan dengan skala yang dikurangi.

Maka, jadwal terbaru untuk Olimpiade Tokyo telah dikonfirmasi ini membawa angin segar. Berdasarkan informasi terbaru, semua tempat yang digunakan akan tetap sama tanpa adanya perubahan, termasuk Taman Odori Sapporo, dan tempat baru yang telah disediakan untuk maraton yang sempat diumumkan tahun lalu untuk suhu utara yang lebih dingin.

Olimpiade ini nantinya akan dimulai dengan cabang olahraga softball dan sepak bola wanita, di mana akan diadakan di stadion berbeda di seluruh Jepang, termasuk di Miyagi dan Sapporo, pada 21 Juli, dua hari sebelum upacara pembukaan.

Dalam penyerahan acara medali pertama dan untuk atlet wanita, akan diadakan pada 24 Juli. 31 Juli dan 1 Agustus atau yang dijuluki sebagai 'Super Saturday' dan 'Golden Sunday' dan juga dapat menyaksikan penyerahan 46 medali  dari total selama akhir pekan, termasuk triathlon, atletik & tenis pria, dan senam.

'Super Saturday' kedua, dengan penyerahan 34 acara medali, akan berlangsung pada tanggal 7 Agustus, atau sehari sebelum upacara penutupan. Cabang acara olahraga itu meliputi bola basket dan sepak bola pria, maraton wanita, dan senam ritmik. Selain itu, kabar baiknya adalah tiket untuk Games tahun ini masih bisa berlaku untuk tahun 2021, meskipun penyelenggara Tokyo 2020 akan mengembalikan uang kepada mereka yang ingin mendapatkan uangnya kembali atau pemilik tiket tahun ini tidak akan menonton atau membatalkannya untuk tahun depan.

Sementara itu, untuk jadwal resmi Paralimpik belum diumumkan. Meskipun, jika melihat sesuai jadwal pada tahun ini, Paralimpik akan diadakan mulai 24 Agustus hingga 5 September. Mari kita tunggu saja info selanjutnya mengenai Olimpiade Tokyo yang akan diadakan tahun 2021 mendatang!