Berita Jepang | Japanesestation.com

Koalisi partai penguasa, Liberal Democratic Party (LDP) dan Komeito harus menelan kekalahan dalam pemilihan umum (pemilu) yang telah berlangsung pada Minggu (27/10) lalu. LDP dan Komeito hanya mendapatkan 215 kursi, kurang dari syarat yang dibutuhkan untuk memerintah. Ini adalah kekalahan LDP yang pertama sejak mulai berkuasa di tahun 2009.

Perdana Menteri sekaligus ketua LDP, Shigeru Ishiba, menolak gagasan untuk mengubah komposisi koalisi saat ini meski LDP dan Komeito mengalami kekalahan. Namun pihaknya mengungkapkan akan memasukkan ide-ide kebijakan dari partai oposisi. Ishiba juga berjanji akan melakukan reformasi terhadap partai untuk mengembalikan tingkat kepercayaan publik.

“Kami gagal mengatasi kecurigaan, ketidakpercayaan, dan kemarahan orang-orang atas kurangnya keterbukaan terkait dana politik,” ujar Ishiba dalam konferensi pers di markas LDP pada Senin (28/10).

Setelah kekalahan yang diterima LDP, Shinjiro Koizumi selaku kepala strategi pemilu LDP dilaporkan mengundurkan diri.

Hasil pemilu kali ini berhasil dimenangkan oleh Constitutional Democratic Party of Japan (CDPJ) selaku partai oposisi utama LDP. Yoshihiko Noda sebagai ketua CDPJ mengungkapkan akan mengadakan diskusi dengan partai oposisi lainnya menjelang sesi khusus parlemen.