Share on

Departemen Pertahanan Jepang berencana menyusun sebuah prosedur jika Self-Defense Forces (SDF) atau Pasukan Bela Diri Jepang menghadapi Unindentified Flying Objects alias UFO. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Jepang, Taro Kono dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Selasa (28/4), tepat setelah pemerintah Amerika Serikat merilis sebuah video di mana sosok sebuah UFO tertangkap kamera.  

Advertise With Us

Ufo dalam video footage dari pemerintah Amerika.
UFO dalam video footage dari pemerintah Amerika Serikat (mainichi.jp)

Dilansir dari Mainichi Shinbun, pada 27 April, Departemen Pertahanan Amerika merilis video berisi penampakan 3 UFO berbentuk disk dan elips terbang di antara awan-awan. Menanggapi video tersebut, Menteri Pertahanan Kono mengungkapkan bahwa belum ada pilot SDF yang bertemu dengan UFO.

"Hingga kini, belum ada laporan seorang pilot SDF melihat sebuah UFO," ujar Kono.

Kono juga mengatakan bahwa ia tidak percaya dengan mitos tentang UFO. Namun, ia akan tetap menyusun prosedur jika tim Air Self-Defense Force menghadapi UFO di Jepang dan bagaimana seharusnya mereka bertindak. Dalam peosedur tersebut juga akan ada cara untuk mengambil barang buktu serta cara melaporkan kejadiannya.  

Video footage yang dirlis oleh Amerika itu bertanggal 2004 dan 2015 serta diambil oleh pilot-pilot Air Force (Angkatan Udara). Dalam video tersebut, ada sebuah pernyataan yang mengatakan, "video ini dibuat demi menghilangkan spekulasi publik terkait benar tidaknya keberadaan UFO".