Share on

Topan disertai dengan angin kencang dan hujan melanda kawasan Tokyo pada Senin pagi ini (9/9), peringatan evakuasi juga telah diberikan pada puluhan ribu penduduk. Topan yang disebut Faxai ini membawa angin dengan kecepatan hingga 216 km/jam dan melanda Chiba sebelum fajar, yang mengakibatkan padam listrik dan gangguan pada transportasi.

Advertise With Us

Sebanyak 30 orang dikabarkan cedera di Chiba, Kanagawa, dan prefektur Shizuoka. Menurut media lokal, hampir 290,000 rumah mengalami padam listrik, dan setidaknya 10 rumah mengalami kerusakan di Shizuoka dengan kaca pecah. Badan Meteorologi Jepang juga mengeluarkan peringatan terjadinya longsor, banjir, dan meluapnya air sungai.

Topan Faxai Melanda Kawasan Tokyo Pada Senin Pagi
Papan iklan yang rubuh akibat Topan Faxai di Tokyo, Jepang. Photo: REUTERS/Kiyoshi Takenaka

Sejumlah transportasi umum juga tidak dapat beroperasi, beberapa jalur utama ditutup hingga pukul 8 waktu setempat. Menurut NHK, akses ke Stasiun Ikebukuro ditutup pada 10.45 waktu setempat. Beberapa jalur sudah mulai beroperasi kembali seperti Tokaido Shinkansen di Stasiun Tokyo, dan Inokashira Line di Stasiun Hamadayama. East Japan Railway mengatakan bahwa Shinkansen pada 5 jalurnya beroperasi namun dengan kecepatan yang diturunkan.

Topan Faxai ini berjalan menuju utara dengan kecepatan 25 km/jam dan akan melewati region Kanto hingga terus berjalan menuju laut pasifik di utara Jepang.

 

Sumber: Japan Today, Japan Times