Berita Jepang | Japanesestation.com

Bisakah kamu percaya bahwa McDonald's Jepang sudah berusia 50 tahun di tahun ini? Perusahaan ini didirikan pada Mei 1971 dengan nama Nippon McDonald's Holdings, Inc., dan sejak saat itu telah berkembang pesat untuk menawarkan makanan cepat sajinya yang lezat, dan menu edisi terbatas di seluruh negeri.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50, mereka telah mendedikasikan satu bagian dari situs mereka untuk memperingati 50 tahun sejarah, dan juga memposting retrospektif video lompatan waktu. Video tersebut membahas sejarah perusahaan dari pembukaan cabang Jepang pertama di distrik kelas atas, Ginza, Tokyo.

McDonald's Jepang
Pekerja McDonald's Jepang di tahun 1971 (soranews24.com)

Dari sana, video tersebut membawa kita melewati tonggak sejarah lainnya dari McDonald’s Jepang, seperti pembukaan lokasi drive-through pertamanya pada tahun 1977, pengenalan Tsukimi "Moon-Viewing" Burger (1991) yang disukai banyak orang, awal dari layanan antar ke rumah (2010), dan pengenalan pemesanan online di semua cabang (2020).

Huawei MatePad Pro

McDonald's Jepang
Layanan antar McDonald's Jepang pertama dibuka pada tahun 2010 (soranews24.com)

Situs web perayaan 50 tahun tersebut juga menampilkan bagian berjudul "Kenangan", dengan momen-momen penting dalam sejarahnya disempurnakan dengan foto. Misalnya, tahukah kamu bahwa cabang McDonald's Jepang pertama, yang terletak di lantai pertama pusat perbelanjaan Mitsukoshi Ginza di Tokyo, harus dibangun hanya dalam waktu 39 jam di sela-sela jam operasional pusat perbelanjaan agar tidak mengganggu? Jika kamu tertarik untuk mempelajari tentang seberapa cepat McDonald's membuka cabang di seluruh Jepang, ketika Chicken McNuggets diperkenalkan, menu-menu yang hanya ada di Jepang, atau ketika mereka mulai menjual Value Set dan Happy Meals, kamu akan menemukan semuanya di sini!

Sejarah Menu McDonald's Jepang
1 Juni 1990 adalah hari yang monumental ketika McDonald's Jepang mulai menjual pai kentang bacon (soranews24.com)

Bagian "Road Trip" di situs web memungkinkan kamu untuk mengemudikan mobil virtual di sepanjang jalur sejarah McDonald's Jepang. Di sepanjang jalan raya untuk setiap dekade, ada beberapa poin yang dapat kamu klik dan akan membawa kamu ke segmen berbeda tentang konteks historis dari setiap dekade, serta sejarah setiap item menu di McDonald's Jepang. Rasanya seperti berjalan-jalan di museum McDonald's, bahkan tanpa harus meninggalkan rumah.

Road Trip McDonald's Jepang
Road Trip, jelajahi sejarah McDonald's Jepang (soranews24.com)

Selain itu, masih banyak konten lainnya yang belum diumumkan, dengan pembaruan yang dijanjikan sepanjang tahunnya. McDonald's Jepang mungkin akan segera menawarkan item special menu Hari Jadi ke-50 dan penawaran khusus lainnya juga.