Share on

McDonald’s Jepang memang dikenal dengan iklan dan promonya yang menarik perhatian banyak orang. Beberapa tahun yang lalu misalnya, mereka menawarkan kesempatan untuk memenangkan chicken nugget berisi emas 18 karat untuk para pelanggan mereka, lalu memperbolehkan para pelanggan untuk “membeli” senyum hanya dengan harga 0 yen. Namun kini, chain fast food ini dikenal dengan McShake McDonald’s sebagai spotlight iklan anime-nya. Iklan anime terbaru McDonald’s Jepang ini diberi judul “Forever, Love”, dan memperlihatkan pertumbuhan seorang karakter dari anak-anak hingga tumbuh dewasa dengan  McShake  yang selalu di sisinya. Namun, bagi beberapa orang, iklan ini terlihat seperti cover majalah lolicon.

Advertise With Us

Memang seperti apa sih iklannya? Mari kita intip:

Iklan ini bertujuan untuk membuat para pelanggan tahu kalau milkshake McDonald’s akan mendapat diskon mulai dari tanggal 1-14 Juli, dengan harga 100 yen dari 120 yen untuk ukuran small dan 150 yen saja dari 200 yen untuk ukuran medium.

Campaign nasional ini juga turut dipromosikan lewat akun Twitter resmi McDonald’s Jepang dengan menggunakan salah satu gambar dari iklan terebut, bersama dengan caption berikut:

“Coba dan terus mencoba untuk megisapnya namun tidak ada yang ke luar dari sedotan pertama. Meski dirimu bertambah dewasa, kekuatan isapannya tetap tidak berubah. Semua orang mengalaminya, kan?”

Bagi sebagian orang, cuitan ini dan gambar yang mendampinginya biasa saja dan memang menunjukkan tebalnya minuman itu serta bagaimana pengalaman kita saat meminumnya. Namun, beberapa orang berpikiran lain saat membacanya dan meninggalkan komentar sebegai berikut:

“Ini sih erotisme.”

“Gambar ini terlihat seperti cover majalah lolicon Comic LO.”

“Aku tidak mengerti apa maksud ‘kekuatan mengisap’. Bukankah itu hanya untuk Dysons?”

“Gadis dalam gambar terlihat seperti Hayate-chan dari Magical Girl Lyrical Nanoha A’s.”

“Saat aku meminum McShakes, aku teringat saat aku menyedot ASI dari ibuku.”

Komentar terakhir memang terdengar sangat mengganggu dan menyebalkan, tapi nyatanya pendiri McDonald’s Japan, Den Fujita, benar-benar menghubungkan meminum melalui sedotan McDonald’s dengan menyusui bayi. Tidak percaya? Lihat kutipan berikut yang berasal dari bukunya, Den Fujita’s Business Strategies 2: Overwhelming Business Strategies:

“Saat seseorang meminum sesuatu, kecepatan paling sempurna adalah kecepatan meminum seorang bayi yang mminum susu ibunya…Sedotan McDonald’s pun didesain untuk menghasilkan kecepatan yang sama dengan saat seorang bayi meminum ASI.”

Benar atau tidaknya keinginan McDonald’s untuk mengingatkan orang tentang meminum susu dari ibunya lewat iklan anime baru McDonalds’s Jepang ini mungkin membuat banyak orang berdebat, namun positifnya, hal ini turut mempromosikan produk milkshake McDonald’s secara tidak langsung kan?

Nah, menurutmu bagaimana? Apakah iklan anime baru McDonald’s Jepang ini biasa saja atau terlihat seperti cover majalah lolicon?