Berita Jepang | Japanesestation.com

Mengingat Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur karena pandemi, saat ini pemerintah Jepang sedang membuat kebijakan dan protokol untuk pelaksanaan Olimpiade tahun 2021. Minggu lalu, pemerintah memberikan update bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan kebijakan karantina bagi pengunjung dari luar negeri. Mereka akan memberikan peraturan Olimpiade untuk pengunjung dan staf Olimpiade yang harus dipatuhi.

Kebijakan karantina selama 14 hari tersebut tidak perlu dilakukan jika pengunjung luar negeri yang datang berasal dari negara yang memiliki kasus Corona lebih sedikit. Selain itu, pengunjung yang akan menonton Olimpiade diperbolehkan menggunakan transportasi umum. Pengunjung harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang akan diberlakukan bagi pengunjung dan atlet Olimpiade.

Sejauh ini, masih belum ada pemberitahu seperti apa peraturan final yang akan diberlakukan untuk keberlangsungan Olimpiade. Hal-hal umum seperti penggunaan masker dan disinfektan akan diberlakukan, selain itu ada kemungkinan pengunjung yang menonton di Olimpiade akan diminta untuk tidak bersorak dan berbicara terlalu keras. Dilansir dari TimeOut, akan ada aplikasi yang digunakan pemerintah dalam melacak pergerakan pengunjung Olimpiade untuk mencegah penyebaran virus.

Untuk atlet dan staf Olimpiade, mereka juga akan bebas dari kebijakan karantina. Namun, anggota yang berpartisipasi dalam torchrelay harus tetap mengikuti kebijakan karantina dan proses lainnya sesuai dengan waktu mereka datang ke Jepang. Tidak hanya di venue berlangsungnya Olimpiade, beberapa kebijakan terpisah akan dibuat untuk rumah tinggal bagi atlet.

Logo Olimpiade
Logo Olimpiade Tokyo 2020 (Sumber: Creative Blog)

Olimpiade adalah ajang olahraga dunia yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Olimpiade ini memiliki 2 cabang, yaitu Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin yang diberlangsungkan di negara berbeda setiap dilaksanakan. Olimpiade Musim Panas mendatang direncanakan akan dilaksanakan di Tokyo pada tahun 2020, sementara Olimpiade Musim Dingin dilaksanakan di Beijing tahun 2022.

Mengingat adanya pandemi karena penyebaran virus Corona, Olimpiade Tokyo diumumkan diundur hingga tahun 2021. Olimpiade akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2021, sementara Paralimpiade (Olimpiade untuk atlet disabilitas) akan dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus 2021.