Berita Jepang | Japanesestation.com

Pernahkan kamu membayangkan melihat Kaitenzushi sepanjang 135 meter? Jika biasanya Kaitenzushi atau bisanya disebut conveyer-belt sushi memiliki panjang 90 meter, kali ini di Osaka Expo 2025, hidangan sushi akan ditawarkan di atas ban berjalan sepanjang 135 meter.

Ide ini digagas oleh sebuah operator jaringan restoran sushi besar, Kura Sushi Inc. “(Sushi berputar) ada di mana-mana di Jepang, tetapi masih banyak orang di dunia yang belum mengetahuinya. Saya ingin mereka merasakan keseruan sushi berputar,” ujar Hiroyuki Okamoto, kepala komunikasi Kura Sushi, dalam sebuah konferensi pers di Osaka.

Sushi yang disajikan akan menggunakan ikan, yang dibudidayakan secara efisien dengan menggunakan teknologi canggih dan dinding eksterior restoran akan dibuat dari 336.000 cangkang kerang yang didaur ulang, sejalan dengan komitmen acara tersebut untuk keberlanjutan.

Ilustrasi restoran Kura Sushi yang akan buka di Osaka Expo 2025 (Kyodo)
Ilustrasi restoran Kura Sushi yang akan buka di Osaka Expo 2025 (Kyodo)

Perusahaan ini juga sedang mengembangkan menu khusus untuk para tamu mancanegara yang akan ikut serta dalam acara tersebut, yang dijadwalkan berlangsung pada 13 April hingga 13 Oktober tahun depan di Yumeshima, sebuah pulau buatan di Teluk Osaka.

Restoran sushi dengan menu berputar otomatis diklaim telah mendapatkan popularitas selama World Expo 1970 di Prefektur Osaka. Bisnis sushi ini sebelumnya menjadi berita yang tidak disukai di Jepang dan luar negeri pada tahun 2023 ketika para pelanggan membagikan video secartaa online, yang menampilkan mereka menjilati botol kecap dan memegang makanan yang bergerak di atas ban berjalan sebagai bagian dari lelucon di media sosial.

Akibatnya, alih-alih membiarkan pelanggan memilih dari berbagai macam makanan yang tersedia, restoran sushi semakin cenderung hanya mengantarkan makanan di atas ban berjalan berdasarkan permintaan. 

Kura Sushi kini menggunakan kamera kecerdasan buatan (AI) untuk mengawasi piring-piring sushi yang ditutupi untuk mencegah adanya gangguan.