Berita Jepang | Japanesestation.com

Libur tahun baru merupakan waktu yang penting bagi orang-orang untuk tetap waspada terhadap virus corona dengan memakai masker. Agar warga Shinjuku tetap memakai masker, walikota Shinjuku yaitu Kenichi Yoshizumi membuat video campaign bersama karakter populer Working Cats.

Siapa itu Working Cats?
Working Cats
Karakter Working Cats (store.line.me)

仕事猫 (Shigoto Neko) atau Working Cats adalah karakter kucing yang memakai safety helmet karya ilustrator Kumamine. Working Cats mulai dikenal dan populer di internet sejak dua tahun yang lalu. Selain memakai safety helmet, yang menarik dari Working Cats adalah catchphrase andalan mereka. Mereka sering mengucapkan catchphrase yang mudah diingat yaitu ヨシ!(Yoshi!). “Yoshi!” merupakan kata seruan dalam bahasa Jepang yang berarti “Baiklah!” atau “Ayo!”. Jika yang menghimbau untuk tetap memakai masker adalah Working Cats si kucing lucu kesayangan warganet, siapa sih yang tidak akan terpengaruh?

Inilah video campaign hasil kolaborasi Shinjuku dengan Working Cats yang diunggah oleh akun Twitter informasi seputar Shinjuku.

Dalam video tersebut, awalnya ada dua Working Cats memakai masker dengan tidak benar, lalu muncul bunyi peluit yang menghentikan mereka. Kedua Working Cats pun membenarkan posisi masker mereka dengan ekspresi malu-malu. Setelah itu, muncul walikota Kenichi Yoshizumi melakukan pose konyol bersama Working Cats. Yoshizumi mengatakan bahwa virus corona menyebar dengan cepat di antara anak-anak muda yang ada di Shinjuku, karena itu ia meminta kerjasama warga untuk tetap memakai masker. Video campaign tersebut diakhiri dengan hastag #マスクヨシ (#Maskyoshi).

Ini bukan kali pertama Yoshizumi menggunakan pop culture untuk menarik perhatian warga. Sebelumnya, ia pernah mendeklarasikan bahwa Godzilla menjadi duta pariwisata Shinjuku saat peresmian patung raksasa Godzilla di salah satu gedung yang ada di Shinjuku.