Share on

Mulai 1 Juli 2020 nanti, ada peraturan baru lho di Jepang, yaitu kebijakan kantong plastik berbayar. Memanfaatkan kesempatan ini, East Japan Railway Company (atau lebih dikenal dengan  nama JR East), membuat campaign baru untuk mempromosikan kebiasan belanja ramah lingkungan dan betapa pentingnya mengurangi sampah plastik. Caranya, dengan membagikan kantong belanja gratis!

Mulai Selasa (16/6) mendatang, akan ada 500.000 tas belanja ramah lingkungan yang bisa diambil secara gratis dari 21 toko esklusif di dalam gedung stasiun JR. Toko-toko itu adalah convenience store (konbini) New Days, toko bento Ekibenya Matsuri di Stasiun Tokyo, toko buku dan supermarket Kinokuniya, serta food hall Atré dan Lumine.

Namun, ternyata mendapatkan tas limited edition ini tidak semudah dan “gratis” seperti yang dibayangkan. Hanya beberapa stasiun JR saja yang menggelar campaign ini, jadi, kamu harus mencari poster dan tanda digital untuk mengetahui apakah kamu berada di stasiun yang mengikuti campaign itu. Selain itu, untuk mendapatkan tas ramah lingkungan ini, kamu harus berbelanja dengan batas minimum tertentu di salah satu toko yang disebutkan sebelumnya. Pilihan terbaik adalah New Days – kamu hanya perlu berbelanja sekitar 500 yen saja, sedangkan di toko lain seperti Kinokuniya misalnya, kamu harus menghabiskan sekitar 1000 yen sebelum mendapat tas ini.

Tas belanja ramah lingkungan ini diproduksi oleh kerja sama antara JR East, merk perlengkapan outdoor Snow Peak, dan perusahaan ramah lingkungan Japan Environment Planning. Tas-tas yang terbuat dari botol plastik daur ulang ini didesain oleh Snow Peak, jadi desainnya sangat stylish! Tasnya tersedia dalam 2 warna, camel atau khaki, tapi warna yang kamu dapatkan tergantung persediaan di tokonya ya.

Buat yang lagi di Jepang, bisa dimanfaatkan nih nanti!