Share on

Mulai 1 Juli 2020 mendatang, seluruh toko, bisnis, dan pedangang eceran di Jepang akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar sesuai peraturan baru yang dikeluarkan pemerintah Jepang. Hal ini dilakukan dapat membantu mengurangi sampah plastik di Jepang dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak negative penggunaan plastik berlebihan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Kebijakan ini nantinya akan berlaku bagi semua bisnis di Jepang, mulai dari supermarket, convenience store (konbini), hingga toko-toko bisnis pribadi, wajib meminta para pelanggannya untuk membayar jika mereka menggunakan kantong plastik saat akan membayar.  

Meski sebelumnya beberapa chain toko bahan pangan dan pedagang eceran telah menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar, namun inilah kali pertama pemerintah turun tangan secara langsung. Mulai bulan Juli, semua toko harus menjual kantong plastik mereka dengan minimal harga 1 yen, membuat para pelanggan bisa membayar biaya tambahan hingga sekitar 5 yen atau lebih setiap satu kali berbelanja.

Kantong plastik (matcha-jp.com)
Kantong plastik (matcha-jp.com)

Namun, ada beberapa kantong plastik yang bebas dari kebijakan ini, misalnya plastik dengan ketebalan 50mm atau lebih, kantong plastik yang dapat hancur dalam air laut, dan kantong plastik yang terbuat dari tumbuhan.  Selain itu, beberapa plastik yang disediakan oleh toko, seperti kantong plastik tanpa pegangan (biasa digunakan untuk item yang bisa dihancurkan), kantong plastik untuk memegang sample merchandise dan kantong plastik untuk  item bebas pajak, tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Hindari Biaya Tambahan dengan Membawa Tas Belanja Sendiri!

Tas belanja (matcha-jp.com)
Tas belanja (matcha-jp.com)

Solusi terbaik unttuk menghindari membayar biaya tambahan adalah dengan membawa tas belanja sendiri, Selain hemat, sangat ramah lingkungan! Tas dengan bahan tebal dan kuat dengan desain beragam dapat kamu temukan di berbagai toko serba 100-yen di Jepang, konbini, dan toko-toko lain di seluruh Jepang. Tas-tas ini banyak yang hadir dalam desain menarik dan super stylish, jauh lebih keren daripada kantong plastik kan?  

"Fukuro wa Iranai Desu" (matcha-jp.com)

Nah, jika ingin mengatakan pada petugas kasir kalau kamu membawa tas belanja sendiri dan tidak ingin membeli kantong plastik, tinggal katakan saja kalimat berikut: “fukuro wa iranai desu” (terima kasih, tapi aku tidak memerlukan kantong plastik) sambil memberikan tas belanjamu pada petugas kasir. Mudah kan?