Share on

Seperti layaknya area Jepang lain, area Kansai juga memiliki empat musim. Namun terkadang, suhu di sini bisa berubah drastis antara siang dan malamnya, membuat kita bingung harus menyiapkan pakaian seperti apa. Nah, karena itu JS bakal memberi tips outfit apa yang harus dipakai sepanjang tahun di Kansai. Simak daftarnya yang dilansir dari Matcha ini ya!

Advertise With Us

Musim Semi di Kansai - Maret hingga Mei

Di area Kansai (dan di seluruh Jepang), musim semi identik dengan musim hanami di mana bunga sakura mekar. Biasanya, suhu di musim semi bisa berubah dengan drastis. Udaranya yang dingin layaknya di musim dingin bisa tiba-tiba berubah menjadi cerah dan hangat. Perbedaan suhunya bisa mencapai 10 derajat!  

Meski biasanya pagi hari di musim semi hangat, angin akan terasa dingin ketika malam. Jadi, jangan lupa pakai pakaian yang hangat ya!

Maret

Outfit bulan Maret. (matcha-jp.com)
Outfit bulan Maret. (matcha-jp.com)

Di bulan Maret, biasanya rata-rata suhu mencapai 10o Celcius. Meskipun begitu, biasanya orang-orang Kansai hanya mengenakan coat panjang namun ringan dan tipis.

Bagi para turis yang belum terbiasa dengan cuaca di Jepang, sebaiknya pakailah pakaian musim dingin, seperti syal, tights tebal dan celana wide-leg.

Jika sudah terbiasa, bisa memakai kemeja lengan panjang loose-fitting atau memakai jaket kulit di atas parka agar lebih bergaya kasual. Jangan lupa untuk membawa syal ya!

April

Outfit bulan April. (matcha-jp.com)
Outfit bulan April. (matcha-jp.com)

Suhu rata-rata bulan April naik sedikit demi sedikit. Sementara cuaca terus berganti, kamu bisa menikmati musim bunga sakura ini dengan outfit musim semi yang ringan, misalnya rok selutut dengan motif kotak-kotak houndstooth yang cantik!

Pullover lengan panjang sederhana yang dipadukan dengan celana berwarna mute juga stylish. Jaket juga bisa jadi pihan tepat ketika cuaca dingin.

Mei

Outfit bulan Mei. (matcha-jp.com)
Outfit bulan Mei. (matcha-jp.com)

Karena cuacanya yang dikenal paling nyaman, Mei merupakan waktu terbaik untuk menikmati area Kansai. Celana denim wide-leg yang nyaman dan sebuah blus lengan ¾ bisa jadi pihan terbaik nih. Tapi karena terkadang suhunya bisa menjadi dingin mendadak, bawa saja coat tipismu untuk berjaga-jaga.  

Pakaian dengan warna-warna terang sangat cocok dengan suasana bulan Mei. Kamu juga bisa mengenakan celana loose-fitting biar makin mudah bergerak lho. Jangan lupa membawa jaket juga ya!

Musim panas di Kansai: Juni hingga Agustus

Di area Kansai, tsuyu (musim hujan) terjadi pada bulan Juni. Biasanya, tsuyu dimulai pada sekitar tanggal 7 Juni dan berakhir di sekitar satu setengah bulan berikutnya.

Cuaca bisa terus berganti saat musim hujan. Meski suhu udara tinggi, akan ada saatnya di mana suhu udara dingin dan sejuk.

Setelah musim hujan berakhir, suhu udara akan naik, hingga terasa sangat panas. Nah, jika sudah begini, berhatil-hatilah jika ke Kyoto ya, suhunya akan lebih tinggi dibanding kota-kota lain, Jangan sampai mengalami heat stroke!

Juni

Outfit bulan Juni. (matcha-jp.com)
Outfit bulan Juni. (matcha-jp.com)

Meski udara akan terasa sangat panas karena suhunya bisa melebihi 20, suhunya akan turun drastis pada pagi dan malam hari. Karena itu, rok panjang atau celana wide-leg dengan bahan ringan yang nyaman bisa manjadi penyelamatmu.

Karena Juni merupakan awal dari tsuyu, coat anti air bisa jadi pilihan tepat untuk dipakai. Selain berguna, bisa membuat tampilanmu lebih keren!

Juli

Outfit bulan Juli. (matcha-jp.com)
Outfit bulan Juli. (matcha-jp.com)

Karena di bulan Juli hampir setiap harinya cerah, udara pun akan terasa panas. Nah, dress loose-fitting yang dibuat dengan bahan ringan dan breathable adalah pilihan ideal untuk menghadapi musim panas.

Opsi lainnya bisa dengan mengenakan cropped pants atau celana panjang yang digulung ke atas untuk menghilangkan rasa panas.  

Agustus

Outfit bulan Agustus. (matcha-jp.com)
Outfit bulan Agustus. (matcha-jp.com)

Sama seperti dengan bulan Juli, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan ringan dan breathable. Misalnya blus v-neck, celana pendek wide-leg, dan sandal yang stylish dan nyaman.