Berita Jepang | Japanesestation.com

Keikyu Corp selaku pengelola transportasi dari pemerintah kota Tokyo baru saja mengumumkan akan melakukan uji coba pembayaran model baru pada Kamis (16/05) lalu. Pembayaran baru ini menggunakan kartu kredit bermodel tap-and-go di gerbang tiket dan akan diuji coba pada stasiun tertentu pada akhir tahun 2024.

Metode pembayaran model baru ini digagas untuk mempermudah dan meningkatkan kenyamanan para wisatawan asing. Uji coba ini akan dimulai di Jalur Keikyu yang menghubungkan berbagai destinasi wisata di Tokyo dengan Bandara Haneda, Jalur Toei Asakusa dan Jalur Toei Oedo sebagai kereta bawah tanah.

Dikutip dari The Japan News, uji coba akan dilakukan di sembilan stasiun yang dilewati oleh Jalur Keikyu, termasuk stasiun di Bandara Haneda, Stasiun Shinagawa, dan Stasiun Yokohama. Sebanyak 20 stasiun bawah tanah yang dilalui Jalur Toei Asakusa dan Jalur Toei Oedo juga akan masuk ke dalam rangkaian uji coba. Selama uji coba, stasiun yang ditunjuk tidak dapat menerima pembayaran dengan uang tunai. Penumpang perlu menggunakan kartu kredit dan menempelkannya ke mesin kartu khusus yang akan dipasang di gerbang tiket.

Data yang didapatkan dari uji coba ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengoperasian pembayaran melalui kartu kredit tap-and-go di seluruh stasiun. Kartu kredit yang dapat digunakan dalam uji coba ini adalah Visa, JCB, Diners Club, Discover, UnionPay, dan American Express. Mastercard diperkirakan akan ikut bergabung.