Berita Jepang | Japanesestation.com

Tidak bisa Bahasa Jepang saat ingin mencoba Tokyo Subway? Tak perlu khawatir. Saat ini Tokyo Subway telah memperkenalkan teknologi yang dapat meningkatkan komunikasi antara staf dan wisatawan asing, serta para tuna rungu. 


Pemerintah Metropolitan Tokyo telah memasang panel komunikasi multi-bahasa sebagai uji coba di Stasiun Tochomae di Jalur Toei Oedo pada 29 Februari 2024. Layar transparan ini menjadi fitur yang mampu mengubah kata-kata yang Kalian ucapkan menjadi teks dalam 12 bahasa plus terjemahan. Dua belas bahasa tersebut antara lain adalah Bahasa Jepang, Inggris, Mandarin, Korea, dan Indonesia. 


Panel yang bernama VoiceBiz UCDisplay ini merupakan sistem komunikasi universal yang dirancang untuk jendela layanan pelanggan. Sehingga memungkinkan pelanggan untuk mengonfirmasi hasil terjemahan, sambil melihat lawan bicara mereka melalui jendela transparan.


Fitur canggih ini juga dipasang untuk memudahkan wisatawan asing yang datang dan penumpang dengan gangguan pendengaran dalam menggunakan loket pelayanan stasiun. Menurut Biro Transportasi Pemerintah Metropolitan Tokyo, panel komunikasi multi-bahasa di Tokyo Subway merupakan yang pertama kalinya di Jepang.

Fitur Baru di Tokyo Subway ini Dapat Mempermudah Komunikasi bagi Wisatawan Asing
Komunikasi antara pengunjung dengan petugas stasiun menggunakan panel VoiceBiz UCDisplay (The Japan Times)


Kalian dapat menggunakan alat ini dari kereta pertama hingga terakhir. Selain input suara, panel ini juga dapat menampilkan apa pun yang Kalian ketik di keyboard tablet yang sudah terhubung.


Pemerintah akan mempertimbangkan untuk memperkenalkan perangkat ini di stasiun lain pada tahun fiskal 2024 dan seterusnya berdasarkan hasil uji coba Stasiun Tochomae.