Berita Jepang | Japanesestation.com

Operator seluler terbesar di Jepang, NTT Docomo, berencana untuk memperluas kapasitas tempat duduk yang ada di National Stadium menjadi 80.000 kursi. Rencana ini sejalan dengan niat Japan Footbal Association yang mengincar posisi tuan rumah tunggal pada perhelatan Piala Dunia FIFA tahun 2050. Sebelumnya, Jepang pernah menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan tahun 2002.

Dilansir dari Kyodo News, stadion yang sebelumnya menjadi stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 lalu ini akan digunakan khusus untuk sepak bola dan rugbi, namun lintasan atletik akan dibiarkan tetap utuh sesuai dengan kebijakan yang berlaku. “Kami punya rencana untuk menyiapkan beberapa kursi yang dibutuhkan untuk Piala Dunia,” ujar NTT Docomo.

FIFA memiliki peraturan yang mewajibkan tuan rumah Piala Dunia 2034 menyediakan stadion berkapasitas 80.000 penonton untuk pertandingan pembuka dan final, serta stadion berkapasitas 60.000 penonton untuk tahap semifinal. Pihak NTT Docomo juga berencana untuk membangun layar raksasa yang diharapkan menjadi layar terbesar di Jepang.

NTT Docomo bersama J-League, Maeda Corp., dan SMFL Mirai Partners bertanggung jawab atas rencana ini setelah ditunjuk oleh Japan Sport Council pada 3 Juni lalu.