Berita Jepang | Japanesestation.com

Bukan Jepang namanya jika tidak melakukan sesuatu yang aneh dan unik. Bahkan, dalam kesempatan yang “serius” saja, negara ini bisa membuatmu tertawa. Misalnya saja, di tengah penghitungan suara pemilu presiden Amerika Serikat 2020 yang tengah berjalan kini. Tidak seperti berita pada umumnya, media Jepang melaorkan even besar tersebut dengan cara yang unik dan Jepang banget, berpotensi membuat para penonton tertawa dan lupa akan kecemasan mereka dalam menanti hasil pemilu.

Bahkan, salah satu program TV Jepang menarik perhatian penonton mereka dengan membuat Donald Trump dan Joe Biden ke dalam bentuk chibi, lengkap dengan ekspresi wajah yang lucu dan menghibur. Ekspresi wajah para kandidat yang berubah-rubah dan digunakan dalam status kalah-menang itu tentu memancing gelak tawa dari para penduduk lokal dan ekspatriat di Jepang. Sangat lucu!

Lihat saja ekspresi wajah Trump saat memimpin di Ohio (atas) dan Pennsylvania (bawah) berikut:

Beda saluran TV, berbeda pula grafik yang mereka gunakan. Namun, semuanya eye-catching!

Fuji TV

TBS

Asahi TV

Dan kalian juga harus melihat apa yang terjadi saat Joe Biden menang di New York:

Cara media Jepang dalam menyampaikan berita yang tak biasa ini pun memancing komentar dari para netizen Jepang dan luar Jepang:

“Jepang membuat pemilu Amerika terlihat seperti sebuah game show.”

“Inilah bagaimana pemilu terlihat di sebuah negara yang terkenal dengan anime dan game.”

“Sepertinya akan lebih sedikit orang yang depresi jika program ini ditayangkan di sini.”

“Mungkin kalian pernah mendengar kata-kata ini sebelumnya, tapi hidup akan benar-benar mebosankan tanpa Jepang.”

“Mengapa negara kami tidak bisa melakukan ini?!?”

“Ini membuatku seperti akan bersiap-siap memainkan sebuah video game yang aneh.”

“Aku pikir aku telah melihat semua hal terkait pemilu, namun tiba-tiba Jepang membuat para kandidat menjadi karakter maskot chibi-super deformed.”

Hal yang dilakukan Jepang dalam memberitakan pemilu ini memang tak biasa, namun grafiknya yang ringan dalam mengilustrasikan even serius ini berhasil menyita pehatian semua orang di seluruh dunia, dan memberi mereka sedikit ketenangan di tengah situasi yang menentukan nasib Amerika Serikat (dan seluruh dunia) ke depannya.

Nah, jika melihat kecintaan Jepang terhadap karakter maskot chibi, apakah kita akan segera melihat action figure chibi Trump dan Biden di pasaran? Tidak ada yang tidak mungkin kan?