Share on

Pada Senin (6/4), NTV mengumumkan mereka akan menghentikan produksi untuk mencegah makin menyebarnya virus COVID-19 alias corona virus. Selama 2 minggu, TV Jepang ini akan berhenti merekam berbagai program variety show, mengambil gambar untuk program lainnya dan studio recording/merekam lokasi untuk tayangan dorama Jepang.

Dorama Jepang
Stasiun TV NTV, TBS, dan TV Tokyo yang menghentikan sementara produksi dorama Jepang. (aramajapan.com)

Studio ini juga telah melakukan beberapa langkah pencegahan lain seperti memantau suhu dan membatasi orang-orang yang masuk ke gedung mereka serta membentuk tim untuk membantu produksi program dan mempromosikan telework atau work from home.

Sebelumnya,TV TBS juga mengumumkan bahwa mereka akan menunda pengambilan gambar lokasi dan studio recording untuk dorama dan variety show hingga 19 April mendatang. TV TOKYOjuga mengambil langkah serupa dengan mengumumkan bahwa semua rekaman akan dihentikan. Saluran TV lain juga sepertinya akan mengikuti langkah teman-temannya sehubungan pengumuman pemerintah Jepang terkait naiknya status negara menjadi darurat akibat wabah COVID-19.

Tercatat per hari Minggu lalu, jumlah kasus positif virus corona adalah 4.563 di Jepang. Angka ini termasuk 700 kasus dari Kapal Pesiar Diamond Princess, dengan total kematian yang dilaporkan sebesar 104 jiwa. Tokyo pun mengkonfirmasi 143 kasus baru pada hari Minggu, menandai tingkat kenaikan harian tertinggi di kota itu, sehingga jumlah total kasus di ibukota menjadi 1.033.