Berita Jepang | Japanesestation.com

Olimpiade Tokyo 2020 yang tertunda karena pandemi membuka pengajuan pembatalan tiket dan pengembalian dana tiket Olimpiade yang sudah dipesan. Periode pengajuan tersebut dibuka selama November lalu, dan sekitar 18% tiket dilaporkan sudah mengajukan pengembalian dana. Pengajuan tersebut akan diproses dan dikembalikan dananya oleh staff Olimpiade.

18% dari keseluruhan 4,4 juta tiket yang diajukan selama 10-30 November tersebut jumlahnya sekitar 810.00. Pengembalian dana ini dilakukan agar memberikan kesempatan kepada pengunjung yang tidak bisa datang pada tanggal Olimpiade yang baru. Dilansir dari Japan Today, staff Olimpiade Tokyo mengemukakan 3,6 juta tiket yang tidak mengajukan masih akan berlaku untuk Olimpiade tahun depan.

Logo Olimpiade
Logo Olimpiade Tokyo 2020 (Sumber: Creative Blog)

Pengembalian dana tiket Olimpiade direncanakan akan mulai dikembalikan pada akhir bulan Desember. Dana yang dikembalikan sesuai pengajuan yang diterima staff Olimpiade melalui situs pemesanan tiketnya. Nantinya, tiket yang sudah dikembalikan ini akan dijual kembali pada saat mendatang.

Sementara itu, untuk Paralimpiade 2020 yang diadakan berdekatan dengan Olimpiade akan melakukan periode pengembalian dananya dari 1-21 Desember. Pengajuan melalui situs resminya hanya berlaku untuk pembelian tiket di dalam Jepang, mereka yang membeli melalui reseller di luar Jepang harus melakukannya melalui reseller masing-masing. Tiket Paralimpiade yang diajukan pengembalian ini akan dikembalikan dananya pada pertengahan Januari 2021.

Cincin Olimpiade raksasa di area Odaiba Marine Park, Tokyo (Sumber: REUTERS/Issei Kato)

Olimpiade dan Paralimpiade adalah kompetisi olahraga yang diadakan 5 tahun sekali secara bergiliran di negara-negara seluruh dunia. Olimpiade selanjutnya yang direncanakan diadakan di Tokyo pada pertengahan tahun 2020 ini terpaksa harus ditunda hingga tahun 2021 karena pandemi yang melanda di seluruh dunia. Selain itu, penundaan ini juga menjadi persiapan bagi staff dan pemerintahan Jepang dalam mengadakan Olimpiade dengan aman untuk mencegah penyebaran virus Corona.