SHARE THIS ARTICLE
Robot Nao Jepang (Wikipedia)
Robot Nao Jepang (Wikipedia)

April 2015 ini, Mitsubishi UFJ Financial Group Jepang akan menyambut robot humanoid baru sebagai karyawan baru mereka.

Robot bernama Nao ini adalah robot humanoid pertama yang memiliki tinggi hingga 58 cm dan berat 5,4 kilogram (kg). Maha karya perusahaan asal Prancis, Aldebaran Robotics ini merupakan anak perusahaan dari Softbank Jepang. Meskipun kecil, Nao tidak bungkuk. Robot kecil ini diprogram fasih berbicara dalam 19 bahasa.

Dilansir dari Dobo News, Rabu (8/4), Nao memiliki sepasang mata dan empat mikrofon di telinganya yang membuatnya bisa menganalisis emosi, ekspresi wajah, dan nada suara pelanggan, sehingga meresponsnya dengan tepat. Nao bisa ramah menyapa pelanggan dengan ‘Halo‘ atau ‘Selamat datang,’ kemudian melanjutkan dengan mengatakan, “Saya bisa membantu Anda untuk memberi informasi tentang deposit, ATM, pembukaan rekening atau pengiriman uang ke luar negeri. Mana yang Anda inginkan?

Mitsubishi berencana mempekerjakan robot humanoid ini secara nasional. Perusahaan percaya bahwa keterampilan linguistik yang luar biasa dari Nao dan kemampuannya bekerja 24 jam sehari akan sangat beharga, terutama selama gelaran Olimpiade 2020 ketika Jepang menyambut pengunjung dari seluruh dunia.

Bank-bank Jepang bukan satu-satunya perusahaan yang beralih mempekerjakan robot sebagai karyawannya. Pada Desember 2014, Nestle Jepang juga menggunakan robot untuk membantu menjual mesin pembuat kopinya. Perusahaan ini bahkan berencana untuk merekrut robot untuk seribu gerai hingga akhir 2015.

Pengelola Taman Bermain Huis Ten Bosch di Nagasaki juga mengumumkan bahwa dua lantai hotelnya akan menggunakan tenaga kerja robot lebih banyak dari manusia. Eksekutif perusahaan mengatakan bahwa robot humanoid akan mengambil alih semua pekerjaan, mulai dari membantu pelanggan hotel mengangkut barangnya, membersihkan kamar, hingga melayani di meja makan.

Source : republika.co.id
COMMENT