SHARE THIS ARTICLE
blogtokyo.com
blogtokyo.com

Goukon sangatlah populer di Jepang. Goukon berarti kencan berkelompok dimana terdapat 2 kelompok, yaitu kelompok pria dan kelompok wanita, dan pada dasarnya goukon ini merupakan sebuah pesta yang memberikan kesempatan bagi kalian untuk bertemu dengan orang baru yang dapat dijadikan teman, atau jika kalian beruntung, dapat membuka kesempatan untuk sebuah hubungan yang lebih lanjut. Dengan kata lain, goukon merupakan pesta minum dimana pria dan wanita bergabung untuk mencari pasangan.

Ada banyak aturan yang berkaitan dengan goukon yang perlu kalian tahu jika kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jepang dan tertarik mencoba goukon.

Dalam goukon, jumlah pria dan wanita haruslah sama. Biasanya, jumlah total pesertanya adalah 6 atau 8, walau itu bisa sangat bervariasi.

“Kanji” berperan penting dalam goukon. “Kanji” (幹事) disini bukanlah “kanji” (漢字) yang berarti “huruf Cina”, namun “kanji” disini merupakan perencana dan pemimpin untuk masing-masing grup. “Kanji” laki-laki dan “kanji” perempuan mengumpulkan teman-teman mereka yang ingin bertemu dengan orang baru. “Kanji” laki-laki harus mem-booking tempat yang menawarkan harga yang bagus dan memiliki atmosfir yang enak untuk minum. “Kanji” lalu memberitahukan tempat dan waktu bagi para member di setiap group.

Ketika goukon dimulai, pria dan wanita harus duduk berselang-seling. Aturan ini mendorong setiap peserta untuk bicara dengan grup lainnya. Namun, terkadang mereka (=peserta perempuan) duduk bersama-sama karena mereka tak ingin dianggap sebagai penggila pesta dan mereka (=peserta perempuan) tak mau laki-laki mengetahui jika mereka sudah mengetahui aturan goukon. Jika itu terjadi, kalian harus meminta peserta wanita untuk duduk terpisah.

Kalian dapat berbincang dengan bebas saat goukon kecuali pada waktunya perkenalan diri. Pada saat itu, kalian harus mendengarkan orang yang sedang memperkenalkan diri dan menanyakan beberapa pertanyaan pada orang tersebut untuk menunjukkan jika kalian tertarik padanya. Setelah semua peserta selesai memperkenalkan diri, kalian dapat berbincang pada orang yang duduk di dekat kalian.

Di akhir goukon, peserta pria harus bertanya nomor telepon dan email peserta wanita. Sangat direkomendasikan bagi kaum pria untuk bertanya pada seluruh peserta wanita sekalipun kalian mungkin tidak tertarik dengan sebagian dari mereka. Karena, jika kalian tidak menanyaan nomor telepon mereka, itu dapat melukai perasaan. Jadi, walaupun kalian tidak banyak berbincang dengan seseorang, kalian harus menanyakan nomor teleponnya. Dia tidak akan menolak untuk memberikan nomor telepon. Sedangkan, jika kalian menyukai salah satu dari mereka, kalian dapat meminta mereka untuk bertemu lagi (untuk kencan) setelah goukon.

Kini, kalian telah mengetahui seperti apa goukon itu. Apakah kalian tertarik untuk melakukan goukon?

Sources :
COMMENT