Share on

Universitas Tohoku (東北大学 Tōhoku Daigaku) adalah universitas negeri di Sendai, Prefektur Miyagi, wilayah Tohoku, Jepang. Universitas ini adalah salah satu dari tujuh universitas negeri di Jepang, yang didirikan tahun 1907 sebagai Universitas Kekaisaran ketiga di Jepang. Universitas Tohoku memiliki 10 fakultas dan 15 sekolah pascasarjana dengan total mahasiswa 17.883 orang. Universitas ini adalah universitas negeri pertama di Jepang yang menerima mahasiswa perempuan (menerima 3 mahasiswi pada tahun 1913)

Baru-baru ini saluran video resmi dari Universitas ini telah mengunggah sebuah video keren dalam memperkenalkan jurusan dan profesor yang ada di Fakultas Sains di Universitas Tohoku. Dalam video unik ini, kita dapat menyaksikan berbagai aksi profesor yang memukau pada saat memegang tabung reaksi dan melakukan penelitian.

Dipersatukan oleh lingkaran ajaib Ouroboros, kedelapan profesor ini memiliki kearifan alam semesta dari partikel terkecil hingga benda langit terberat serta ilmu matematika yang berusaha menyatukan mereka semua.

Video Perkenalan Profesor Fakultas Sains Universitas Tohoku ini Buktikan Jepang Kelewat Kreatif!
Cincin Ouroboros dalam Fakultas Sains

Beberapa profesor yang diperkenalkan adalah :

  • Neutrino Appraiser Kunio Inoue (Fisika)
  • Legend in Carbon Nanotubes Riichiro Saito (Fisika)
  • Front-Runner in Pioneering New Aspects of Molecular Catalysts Masahiro Terada (Kimia)
  • Cell Biologist Erina Kuranaga (Biologi)
  • Volcanologist Michihiko Nakamura (Ilmu Bumi)
  • Earthquake Hunter at Sea Ryota Hino (Geofisika)
  • Black Hole Explorer Masayuki Akiyama (Astronomi)
  • Fantasista of Number Theory Yasuo Ohno (Matematika)

Video ini menerangkan profil singkat masing-masing profesor, tetapi sebetulnya nama julukan itu sendiri memberi kita gambaran yang baik tentang karakter mereka dengan seberapa banyak mereka berperan di fakultas tersebut. Ini adalah video yang unik yang memiliki tujuan untuk menarik calon siswa agar melihat bahwa fakultas sains tidak selalu serius. Selain itu, Universitas Tohoku merupakan sekolah yang sangat dihormati di Jepang, dimana mereka telah  menghasilkan alumni yang sukses seperti penerima Hadiah Nobel Koichi Tanaka dan Ryuta Kawashima.

(featured image : Youtube)