Berita Jepang | Japanesestation.com

Apakah teman-teman JS ada yang bercita-cita untuk bekerja di industri kreatif? Atau ingin mencoba Jadi animator sebuah anime? Nah, kalau jadi animator, anaknya sih belajar langsung di pusat industri kreatif sekaligus produsen animasi dan game terbesar dunia: Jepang!

Dan kini, impian teman-teman untuk mempelajari tentang industri kreatif di Jepang bisa segera terwujud nih. Caranya, kuliah saja di Digital Hollywood University!

Buat yang belum tahu, Digital Hollywood University (DHU) adalah sebuah universitas swasta yang memiliki spesialisasi di bidang komunikasi digital dan konten digital. Mereka juga menerima mahasiswa asing lho, sekarang ada sekitar 35% mahasiswa asing dari berbagai negara yang belajar di sana! Kerennya lagi, kampusnya terletak di pusat pop culture Jepang, yaitu Akihabara. Lulusannya juga banyak yang sudah bekerja di studio animasi terkenal. Asyik nih!

Huawei MatePad Pro

beasiswa jepang dhu japanesestation.com
Mahasiswa DHU di Akihabara (dhw.ac.jp)

DHU menawarkan Program Sarjana (S1) selama 4 tahun yang tahun ajarannya dimulai bulan April.

Nah, apa saja sih yang bisa kita pelajari di DHU? Banyak banget! Kurikulum Program Sarjana (S1) di DHU terdiri dari pendidikan spesialisasi, pendidikan global dan pendidikan seni liberal. Pendidikan spesialisasi di DHU mencakup berbagai bidang pembelajaran termasuk animasi, game programming, 3DCG (3D computer graphics) & VFX (visual effects), film, desain grafis, web, PR & bisnis serta media arts.

beasiswa jepang dhu japanesestation.com
3D CG di DHU (dok. Digital Hollywood University)

Teman-teman bisa memilih bidang pembelajaran sesuai dengan minat dan karir yang ingin ditekuni setelah lulus nanti. Selain itu teman-teman juga bisa mengkombinasikan 2 atau lebih bidang pembelajaran lho!

Selain itu, teman-teman juga akan mendapatkan pendidikan seni liberal yang merupakan pengetahuan dasar di bidang alam, sosial dan kemanusiaan yang dapat membantu mengembangkan siswa-siswi sebagai pribadi, dibekali dengan pengetahuan yang luas dan mendalam, serta kemampuan untuk menerapkan pengetahun tersebut di dunia kerja nanti. Selain pendidikan spesialisasi dan seni liberal, ada juga pendidikan global bagi para mahasiswa asing yang mencakup kelas bahasa asing dan program pertukaran pelajar ke negara-negara lain.

beasiswa jepang dhu japanesestation.com
MA room DHU (dhw.ac.jp)

Fasilitasnya juga “wah” banget, selain ruang kelas yang mumpuni, ada perpustakaan, kantin, lounge yang nyaman, multi-audio room untuk merekam dan mengedit high-quality audio, ruang komputer (Windows dan MAC) dan laboratorium yang dilengkapi dengan 3D printer, UV printer, laser cutting dan peralatan keren lainnya. Selain itu DHU juga punya studio produksi di Hachioji.

beasiswa jepang dhu japanesestation.com
LabProto DHU (dok. Digital Hollywood University)

Untuk lebih jelasnya, intip video perkenalan dari DHU berikut!

Dan  jika ingin melihat seperti apa karya animasi mahasiswa DHU, ada videonya nih!

Staf pengajar DHU

Selain fasilitasnya yang keren banget, para dosen di DHU juga gak kalah kerennya! Semuanya sudah pernah terlibat sebagai staf produksi untuk beberapa nama besar lho, dari Sailor Moon hingga Detective Conan. Nah, mari kita lihat beberapa di antaranya!

Fukui Tomoko

Beliau adalah animator & inspektor animasi untuk Digimon Adventures Series, Sailor Moon, Hana Yori Dango, Gundam UC, Naruto, dan masih banyak lagi!

Suwa Michihiko

Beliau adalah seorang eksekutif produser animasi yang pernah terlibat sebagai staff TV divisi komposisi dan animasi eksekutif produser untuk Detective Conan, City Hunter, Black Jack, Kobo Chan, dan masih banyak lagi.

Shinjo Takehiko

Jika sebelumnya terlibat dalam pembuatan animasi, kali ini ada dosen yang terlibat dalam pembuatan film. Beliau sempat menjadi sutradara & produser film untuk Boku No Hatsukoi, Wo Kimi Ni Sasagu, Tada Kimini Wo Aishiteru, Paradise Kiss, dan lain-lain.

Fukuoka Toshihiro

Beliau adalah editor majalah & produser editor dari Tokyo Kawaii Magazines, serta sempat menjabat sebagai eksekutif produser konser MIKUNOPOLIS di Los Angeles pada tahun 2011.

Jika ingin melihat daftar dosen lainnya, teman-teman bisa kunjungi link berikut!

Beasiswa DHU

beasiswa jepang dhu japanesestation.com
Mahasiswa DHU (dhw.ac.jp)

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba belajar di DHU sebagai internasional students alias mahasiswa internasional, universitas ini juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing yang bisa didaftar sebelum dan sesudah masuk kuliah. Untuk mendaftar beasiswa sebelum masuk kuliah, salah satu syaratnya adalah teman-teman harus mengumpulkan hasil karya serta memiliki skill bahasa Jepang dan motivasi yang tinggi.

Bagi teman-teman yang masih bingung atau ingin bertanya tentang DHU mengenai beasiswa dan cara pendafataran lebih lengkapnya, kita akan adakan webinar dengan representatif dari DHU langsung lho pada tanggal 20 Maret mendatang. Jangan lupa ikut ya!

Teman-teman juga bisa intip situs resminya di link berikut atau follow Instagram dan kunjungi fanpage Facebook-nya untuk info lebih lanjut tentang DHU!

Sumber: press release DHU